JBM.co.id, Denpasar – Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar akan mewadahi keberadaan FKP3 (Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan), dalam setiap langkahnya di bidang pencarian dan pertolongan. Menurut Kepala Basarnas, Gede Darmada, hal ini, dilakukan Basarnas Bali, dengan menggelar “Coffee Morning”, yang dilaksanakan di Kantor Basarnas Bali, Jimbaran, pada Kamis (10/6/2021).

Turut hadir, potensi SAR dari Dit Samapta Polda Bali, BMKG, Brimob Bali, Tagana Badung, PMI, SAI Rescue, Potensi SAR Radio 115, ATC-MRI, IEA Bali, BTN Bali, CDR Bali, dan DSM Bali.

Menurutnya, penyelenggaraan FKP3, sebagaimana disebutkan dalam “Peraturan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan” ( Basarnas) nomor 14 tahun 2017 ini, bertujuan, untuk memberikan informasi dan melakukan sinkronisasi serta evaluasi mengenai pembinaan “Potensi Pencarian dan Pertolongan”. Nantinya, kata Gede Darmada, mereka memiliki tugas mengkoordinasikan potensi SAR, agar dapat mendukung pelaksanaan tugas Basarnas.

Dijelaskan, penerapannya di tingkat daerah, sebagai perpanjangan tangan Basarnas, yang selaku penanggung jawab adalah Kepala Kantor.

Lebih lanjut, ungkap Gede Darmada, Basarnas Bali telah beberapa kali mengadakan acara serupa. Dalam kesempatan kali ini, dilakukan pemilihan 2 orang, yakni Wayan Sujana dari “Potensi SAR SAI Rescue” sebagai Koordinator dan Wakil Koordinator ditetapkan Bram Budianto dari Potensi SAR Radio 115.

Pembahasan berikutnya, usai pemilihan, papar Gede Darmada, mereka juga membahas terkait regulasi-regulasi yang nantinya, akan dipedomani, dalam tindak tanduk, selama berjalannya FKP3,” pungkasnya. (Red/Ace).

JBM Denpasar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here