Berita

Pola Pembinaan JF PK Oleh Tim Analisi Balitbangkumham

JBM.co.id, Denpasar – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Denpasar kedatangan Tim dari Pusat Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM, Kamis (27/5/21).

Dalam kunjungan tersebut, hadir Ibu Maryati, Bapak Sanusi, dan Bapak Saptoba selaku Tim Peneliti untuk melakukan kegiatan pengumpulan data lapangan pada Bapas Denpasar terkait Pola Pembinaan Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) Pembimbing Kemasyarakatan (PK).

Hadir pula dalam pengambilan data tersebut perwakilan JFT dari berbagai jenjang, yaitu PK Pertama, PK Muda dan PK Madya.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Balai Pemasyarakatan Denpsar,  Ibu Ni Luh Putu Andiyani dan dilanjutkan oleh tim peneliti.

Tim Peneliti melakukan penggalian data dengan teknik kuisioner, wawancara dan observasi kepada perwakilan JFT PK.
Dari wawancara yang dilakukan, masing-masing JFT memberikan masukan terkait Pola Pembinaan Jabatan seperti; permintaan Diklat SPPA, Diklat Assesment, Diklat teknik wawancara dan penggalian data, dan juga Diklat tentang wawasan Hukum Pidana, mengingat ada pegawai lulusan Sarjana Psikologi yang masih awam mengenai pengetahuan Hukum Pidana.

Tim Peneliti mencatat dan merespon dengan baik permintaan pelatihan dari para PK untuk kemudian ditindaklanjuti.
Analisa pola pembinaan Jabatan Fungsional ini sangat penting untuk dilakukan agar JFT PK memiliki kemampuan yang baik dalam melaksanakan tupoksi.

Keahlian yang dimiliki oleh JFT PK juga dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka ketika berhadapan dengan Aparat Penegak Hukum lainnya dalam proses pengerjaan Tupoksi.

Diharapkan dengan ditindaklanjuti nya kebutuhan JFT PK, keahlian yang dibutuhkan dapat terpenuhi dengan program Pelatihan dan Diklat dari Balitbang Kumham.

BAPAS DEWATA, Dengan Semangat Kita Wujudkan Kinerja Nyata. (Jbm/Aj/Hms)

Related Articles

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button