JBM.co.id, Klungkung – Lomba desain kreatif endek Bali ini di gelar terkait dengan serangkaian peringatan HUT PDI Perjuangan ke 48 tahun. Bertempat di sekretariat DPC PDI Perjuangan kab Klungkung pada Minggu 16/5/2021.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh ketua DPC PDI Perjuangan, Anak Agung Gde Anom,SH ( ketua DPC PDI P Kab. Klungkung sekaligus ketua DPRD Kabupaten Klungkung).

Lomba Desain Kreatif Motif Endek Bali di kabupaten Klungkung di ikuti dengan 7 peserta anak muda yang bersaing dengan untuk bisa mewakili Kabupaten Klungkung di tingkat provinsi.

Adapun yang menjadi juri untuk lomba tersebut yaitu :
– Ny Ayu Suwirta ( Ketua Dekranasda Kab Klungkung)
– Anak Agung Gde Anom,SH(Ketua DPRD Kab. Klungkung)
– Anak Agung Oka Wisnu (Owner Pertenunan Werdhi Budaya)

Tujuan terselenggaranya kegiatan ini, untuk memberi semangat pada anak muda maupun penenun yang ada di kab. klungkung sehingga kedepannya menjadi ujung tombak mencetuskan anak muda kreatif sehingga dapat menginspirasi anak muda lainnya.

Dikonfirmasi terkait lomba ini ketua DPC PDI Perjuangan kab. Klungkung Anak Agung Gde Anom, SH. Mengatakan,
“dibukanya kegiatan ini membuat antusias anak muda untuk mengikuti kegiatan ini, dan menjadikan ajang ini sebagai peningkatan kwalitas motif endek nantinya yang beredar di pasaran, maupun menjadikan inspirasi UMKM dilingkungan Kab. Klungkung terutama untuk pertenunan endek agar tetap eksis dan kreatif untuk meningkatkan kwalitas endek yang diproduksi nantinya”

Anak Agung Gde Bagus Kresna Candra Wardhana sebagai ketua panitia menyampaikan “terselenggaranya Kegiatan ini membuat semangat anak muda terpacu, diwaktu pandemi seperti ini sehingga dapat membuat ide-ide kreatif yang menghasilkan” pungkasnya.

Lomba ini juga sebagai gerakan mendukung Surat Edaran Gubernur Bali No 4 Tahun 2021 tentang Penggunaan Kain Tenun Endek Bali/ Kain Tenun Tradisional dan Surat Edaran No 061/047/Org/2021 tentang penggunaan pakaian dinas berbahan kain tenun endek bali kain tenun tradisional bagi aparatur sipil negara di lingkungan pemerintah kabupaten klungkung.

Pemenang lomba tingkat kabupaten akan di lombakan di tingkat provinsi.
adapun pemenang lomba
– Agus Akasara Diantika (1)
– Dewayu Diah Arie (2)
– Anak Agung Delia Fitriana Devi (3)
– Komang Wiadnyani ( Pemenang Favorit )

Hasil dari desain ini pun nantinya akan dibuatkan hak cipta oleh penyelenggara, agar tidak di akuisisi oleh wilayah lain. (Red/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here