JBM.co.id, Bangli- Revolusi Digital Kementerian Hukum & HAM tak henti-hentinya digaungkan untuk menjadi nafas dalam setiap pelaksanaan tugas. Melihat hal tersebut, Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangli membuat terobosan terbaru dengan merelease Aplikasi Sistem Informasi dan Pengusulan Integrasi Online Rutan Bangli atau disingkat “Si Sultan Rubli” (3/5).

Febriansyah, Amd.IP., SH, selaku Kepala Rutan Bangli menuturkan, Aplikasi Si Sultan berfokus pada pemudahan pengusulan hak integrasi.

“Si Sultan adalah sebuah aplikasi berbasis online yang diperuntukan untuk mengajukan sekaligus mengirimkan dokumen yang dibutuhkan dalam

Sang Made Reddy Pratika Pegawai inovator
Sang Made Reddy Pratika Pegawai inovator

pengusulan hak integrasi Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Bangli” tuturnya.

Sebelumnya, lanjut Febri, Keluarga Warga Binaan harus datang ke Rutan untuk menyerahkan dokumen hak integrasi, namun kini, dimanapun dan kapanpun bisa mengajukannya melalui aplikasi, sehingga lebih hemat tenaga dan waktu.

“Aplikasi Si Sultan, tiada lain bertujuan untuk memperkuat pelayanan, sekaligus menjadi bukti nyata dan kesungguhan kami, mentranformasi birokrasi dengan menggandeng teknologi informasi.” Ucap Febriansyah.

Hal senada juga disampaikan Kepala Subsi Pelayanan Tahanan, I Made Jaya Sentana. Beliau mengungkapkan Si Sultan merupakan inovasi ditengah pandemi.

“Pandemi tidak menghalangi kami untuk selalu berproses & berinovasi, justru pandemi menjadi injeksi motivasi untuk menghasilkan terobosan-terobosan terkini demi terciptanya pelayan publik yang mumpuni” ungkap Made.

Sang Made Reddy Pratika, pegawai Rutan sekaligus inovator aplikasi ini mengatakan, Si Sultan Rubli aplikasi yang simple dan mudah. “Aplikasi ini sangat mudah untuk dimengerti dan digunakan oleh masyarakat,

Sehingga manfaatnya pun bisa langsung dirasakan, dan juga, aksesnya itu gratis tanpa biaya” kata Reddy.

Screen shoot aplikasi
Screen shoot aplikasi

Kepala Rutan senantiasa mendorong dan mengapresiasi jajarannya yang mau bergerak dan berinovasi.

“Ini saatnya kita beranjak, melalui kepekaan kita terhadap pelaksanaan tugas,

Reward menanti untuk petugas yang berprestasi, dan tak segan memberikan punishment jika ada yang berbelok” tuturnya tegas. (Red/Jbm)

KumhamPasti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here