JBM.co.id, Karangasem – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawwal 1442 H, Polres Karangasem gelar Lat Pra Ops Ketupat Agung 2021 secara virtual di Aula Disdikpora kabupaten Karangasem, pada Senin, 3/5/2021.

Kegiatan Lat Pra Ops Ketupat Agung 2021 ini dipimpin oleh Kabag Ops Polres Karangasem Kompol drh I Komang Tresna A . Manik, SH didampingi Kasat Lantas Iptu Reina Kusmarlandi Putri, STK. S.I.K, KBO Intel I Wayan Sumerti, SH dan pesonil Polres Karangasem.

Kabag Ops Polres Karangasem seijin Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini, S.I.K. M.M.Tr , menjelaskan tujuan Latihan Pra Operasi Ketupat Agung 2021 adalah untuk menyiapkan dan memberi bekal materi kepada para personel yang terlibat dalam operasi Ketupat Agung 2021.

Sehingga dalam pelaksanaannya nanti bisa berjalan lancar, aman dan sesuai dengan tujuan bersama, yakni mengamankan peniadaan mudik lebaran 2021 melalui pos penyekatan dan imbangan dari Polsek jajaran.

Dalam melayani masyarakat agar dipedomani, berperilaku baik, bertutur kata yang santun serta diharapkan anggota dapat memahami Surat Edaran Menteri Agama Nomor 03 Tahun 2021 Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri.

Surat Edaran Kasatgas Covid Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengetatan persyaratan pelaku perjalanan dalam negeri dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pelayanan Operasional Transportasi Darat Laut dan Udara, dengan Sasaran adalah orang, barang, tempat dan kegiatan warga masyarakat.

“Dalam kegiatan Operasi Ketupat Agung 2021 agar mengupayakan dan meningkatkan koordinasi dengan para tokoh, baik tokoh agama, tokoh adat maupun tokoh masyarakat untuk menghimbau warganya sementara tidak melakukan kegiatan mudik tahun pandemi ini”, Tegas Kabag Ops.

Selanjutnya Kasat Lantas menjelaskan Operasi Ketupat Agung 2021 akan dilaksanakan mulai dari tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021 dengan mengedepankan upaya preemtif dan preventif.

Ditegaskan pula oleh Kasat Lantas, “melalui Latihan Pra Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat 2021, dapat meningkatkan profesionalisme Polri dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1442 H tahun 2021 di masa pandemi Covid-19 guna mewujudkan situasi yang aman tertib dan lancar, larangan Mudik Lebaran ini sesuai dengan yang dicanangkan Pemerintah Pusat demi mencegah penularan Covid-19″, ujarnya. (Red/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here