JBM.co.id, Denpasar – Dalam menyambut peringatan May Day atau Hari Buruh Internasional tanggal 1 Mei,Federasi Serikat Pekerja Bali ( F.SP.Bali ) siang ini,30 April 2021 mengadakan audiensi ke Kantor Dinas Tenaga Kerja Dan ESDM Provinsi Bali.

Audiensi tersebut dipimpin oleh Ketua DPD F.SP.BALI, I Putu Semara Kandi, SH. bersama Ketua DPC F.SP.Karangasem, Wakil Ketua DPC F.SP.Badung, serta, perwakilan dari masing-masing PUK.

 

I Putu Semara Kandi,SH.,Ketua DPD F.SP.Bali
I Putu Semara Kandi,SH.,Ketua DPD F.SP.Bali

Dalam kesempatan tersebut, I Putu Semara Kandi,SH.menyampaikan surat prihal Aspirasi Pekerja kepada Dinas Tenaga Kerja Dan ESDM Provinsi Bali yang memuat lima butir permohonan, di antaranya: meminta agar upah minimun sektoral diberlakukan kembali; meminta kepada pemerintah agar program subsidi dilanjutkan; meminta peningkatan pengawasan dibidang ketenagakerjaan terkait PHK sepihak dengan adanya dampak dari pandemi Covid-19; meminta kepada pemerintah untuk benar-benar merealisasikan pembukaan pariwisata Bali sesegera mungkin; dan terakhir meminta pemerintah bersungguh-sungguh mengupayakan lapangan kerja baru di luar sektor pariwisata untuk menanggulangi pengangguran akibat belum dibukanya sektor pariwisata.

Dalam pertemuan yang penuh kekeluargaan tersebut,Kepala Dinas Tenaga Kerja,Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Bali,Ida Bagus Ngurah Arda menyambut baik hal itu.

“Apa yang telah disampaikan oleh perwakilan pekerja tadi, dalam hal ini dari F.SP. Bali kami sangat apresiasi dan sangat berterima kasih.

Ida Bagus Ngurah Arda,Kadisnaker dan ESDM Provinsi Bali
Ida Bagus Ngurah Arda,Kadisnaker dan ESDM Provinsi Bali

Kami siap secepatnya meneruskan aspirasi dari serikat pekerja tersebut ke Bapak Gubernur Bali.

Lebih- lebih penyampaian aspirasinya dengan dialog dan ada tadi pernyataan bahwa besok,tanggal 1 Mei bertepatan dengan Hari Buruh Internasional(May Day) tidak akan akan aksi demo turun ke jalan.Sekali lagi kami sangat apresiasi.

Tidak hanya itu, kami pun siap membantu F.SP.Bali apabila suatu saat ada permasalahan mengenai ketenagakerjaan,” ungkap Ida Bagus Ngurah Arda.

Menanggapi hal itu,Ketua DPD F.SP.Bali,I Putu Semara Kandi, SH. juga berterima kasih kepada Kadisnaker dan ESDM Provinsi Bali.

“Ya,memang benar apa yang disampaikan Beliau. Kita dari pihak pekerja juga berterima kasih karena sudah diterima dengan penuh hangat dan kekeluargaan.

Selanjutnya kita akan terus berkoordinasi untuk menindak-lanjuti hal ini sehingga apa permohonan kita yang tertuang dalam surat tersebut bisa terealisasi.

Jadinya kita selaku pekerja betul- betul merasa terayomi oleh pemerintah,lebih-lebih di saat pandemi yang masih berkepanjangan ini,”pungkas Semara Kandi. (Red/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here