JBM.co.id, Jakarta – Setelah sempat ditolak masuk ke Indonesia, akhirnya secara resmi kantor Imigrasi kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta memulangkan 32 warga negara India melalui bandara Soetta, Minggu (25/4/2021).

Keputusan Imigrasi untuk memulangkan kembali warga negara India tersebut, merupakan respon atas melonjaknya kasus Covid-19 di India yang terjadi belakangan ini.

Menurut Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (TIKIM) Sam Fernando, Minggu (25/4), dikutip strateginews.co dari CNN Indonesia, pemulangan ke 32 warga negara India tersebut menggunakan maskapai Emirates Airlines.

Baca Juga :  FPII Way Kanan Audiensi Dengan Bupati Raden Adipati Surya

“ Pemulangan 32 warga negara India dengan menggunakan Maskapai Emirates Airlines bernomor penerbangan EK359 pada pukul 00.40 WIB dari Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta menuju Dubai,” kata Sam Fernando.

Sebelumnya, Bandara Soekarno Hatta sempat menolak masuk 32 warga negara India yang mendarat di Bandar Udara Soetta pada 23 April 2021 lalu.

Mereka datang dari Dubai dengan menggunakan Maskapai Penerbangan Emirates Airlines nomor penerbangan EK356 pada pukul 15.30 WIB.

Baca Juga :  MUHAMMAD NAZARUDDIN CUTI MENJELANG BEBAS (CMB) DARI LAPAS SUKAMISKIN BANDUNG

Menurut Sam,keputusan untuk menolak 32 warga negara India tersebut sebagai langkah antisipasi, dan bertujuan untuk mencegah imported case covid-19.

Langkah tersebut, kata Sam, sejalan dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi pada 23 April 2021.

Dalam aturan tersebut mengatur tentang penolakan masuk orang asing yang memiliki riwayat perjalanan dari wilayah India dalam kurun waktu 14 hari sebelum masuk wilayah Indonesia. Aturan tersebut juga menangguhkan visa kunjungan dan visa tinggal terbatas bagi warga negara India.

Baca Juga :  Demi Menarik Follower Konten Video "Prank" Lukis Masker Wajah, WNA Asal Rusia Akhirnya Dideportasi ke Negara Asalnya

Disampaikan Sam, ke 32 warga negara India tersebut berada di tempat khusus Terminal 3 Kedatangan Internasional Soekarno-Hatta sambil menunggu proses pemulangan dengan pengawasan ketat yang melibatkan pihak maskapai, aviation security serta karantina kesehatan pelabuhan (KKP).

(Red/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here