JBM.co.id, Pekanbaru – Awak media JBM.co.id Jumat (23/4/21) berkesempatan bertemu dan berdiskusi tentang seputar perkembangan jurnalistik di Indonesia dengan jurnalis senior Hotman S pada suatu pesta acara Adat Batak di Pasir Putih gedung Serbaguna Jamhur Jalan Bata

JBM.co.id sempat bertanya tentang perjalanan dan perkembangan dunia jurnalis di Riau maupun Indonesia.

Hotman Simanjuntak yang dahulunya sempat menjabat Pimpinan Redaksi Angkatan Bersenjata Indonesia di Propinsi Riau ini mengungkapkan, awal dirinya berkecimpung di dunia jurnalistik tahun 1973, dengan kemampuan dan teknologi terbatas dan aturan Pers yang begitu ketat. Untuk menjadi jurnalis atau wartawan di masa itu sangat sulit sekali, berbeda di era tahun 2000 an sekarang.

” Setiap wartawan harus memiliki sikap, karakter ulet, sopan, pengetahuan yang luas, ramah dan terutama memahami aturan dan undang undang Pers yang terus berkembang seiring waktu. Jika berkecimpung di profesi wartawan atau Jurnalis yang penting tekad yang kuat, mau selalu belajar dan berdoa. Itu adalah hal yang sangat penting sebelum melangkah sebagai seorang jurnalis atau wartawan,” terang Hotman Simanjutak.

Hotman menambahkan, terhadap suatu permasalahan yang sedang di investigasi, wartawan harus bersikap profesional dan Independen dengan fakta, data dan sumber permasalahan itu apa, seperti yang tertuang dalam istilah 5 W 1 H.

” Itu harus dan berbagai pihak yang terkait di dalam persoalan tersebut baiknya dikonfirmasi agar ada suatu arah yang jelas sebelum dipublikasikan. Jadi janganlah menjadi wartawan atau jurnalis yang ditakuti, tetapi jadilah Wartawan atau Jurnalis yang disegani. Karena apa yang kita tulis itu yang dibaca masyarakat dan masyarakat akan menilai si Wartawan melalui tulisannya,” ujarnya.

” Bermitralah dengan Pemerintah dalam bagian dari penyampaian program pemerintah ke masyarakat, termasuk Institusi penegak hukum dalam proses penegakan hukum yang adil dan bijaksana,” pesannya.

Diakhir perjumpaan, Hotman mengaku bangga akan perkembangan dunia jurnalistik di Indonesia, yang merupakan suatu rangkaian yang tak terpisahkan untuk kemajuan bangsa dan negara.

Hingga saat ini setelah 40 tahun mengabdi dalam dunia jurnalistik di Indonesia dan Riau khususnya, Hotman masih tetap dianggap senior dan penasehat yang dibutuhkan petuahnya di salah satu Lembaga Wartawan yang cukup terkenal dan tertua di Indonesia. (Red/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here