JBM.co.id, Singaraja – Sebanyak 400 calon prajurit mengikuti upacara pembukaan Pendidikan Pertama Tamtama TNI Angkatan Darat (AD) gelombang I tahun anggaran 2021 di Sekolah Calon Tamtama (SECATA) Rindam IX/Udayana di Lapangan upacara Secata Jalan Surapati, Kelurahan Banyuning, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, pada Rabu (21/4).

Nah, sebanyak 400 siswa ini merupakan pemuda terbaik itu, berasal dari wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Panglima Kodam (Pangdam) IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak yang saat itu diwakili Danrindam IX/ Udayana Kolonel Inf Joao Xavier Barreto Nunes SE mengatakan, calon prajurit yang dididik di Secata Rindam IX/Udayana berjumlah sebanyak 400 orang. Mereka berasal dari wilayah Bali, NTB dan NTT.

Selanjutnya, Pangdam IX/Udayana dalam amanatnya menyampaikan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat-Nya, pada hari ini  upacara Pembukaan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI Angkatan Darat Gelombang I TA 2021 dapat berjalan lancar.

Danrindam IX/ Udayana Kolonel Inf Joao Xavier Barreto Nunes SE
Danrindam IX/ Udayana Kolonel Inf Joao Xavier Barreto Nunes SE

Melalui Dikmata ini, Pangdam IX/Udayana maupun pribadi mengucapkan selamat kepada seluruh calon Prajurit Tamtama TNI AD yang mengikuti pendidikan.

Pangdam IX/Udayana berharap selama menjalni pendidikan tidak ada kendala yang berarti, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai secara optimal.

“Mereka (400 siswa calon prajurit) mengikuti tahapan seleksi begitu ketat. Kami berharap para siswa ini memiliki kebanggaan karena terpilih dari sekian banyak calon lainnya. Jadikan ini motivasi dan menumbuhkan rasa percaya diri, mengikuti pendidikan,” kata Pangdam IX/Udayana dalam amanat yang dibacakan Danrindam IX/ Udayana Kolonel Inf Joao Xavier Barreto Nunes.

Pangdam IX/Udayana berpesan, pendidikan yang dijalani ini merupakan dasar-dasar keprajuritan mengubah status para siswa dari sipil ke militer.

“Jadi, akan ada perubahan jenjang dari sipil ke militer, kami minta para siswa tidak kaget terlebih ketakutan karena ini merupakan peraturan yang harus kita junjung tinggi,” tandasnya. (Red/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here