JBM.co.id, Klungkung – Sejak pagi para pemedek yang akan melakukan persembahyangan ke Pura dasar Buana,Gelgel,Klungkung  sudah berduyun duyun rela mengantre untuk dapat ngeranjing/ masuk  ke jeroan Pura.

Segala persiapan untuk menyambut /nyanggre pemedek yang akan tangkil sudah dipersiapkan oleh Desa Adat Gelgel selaku panitia Petirtan Pemacekan Agung.

Kesiapan untuk kepanitiaan Penyanggre Pemedek yang tangkil muspa ke Pura dasar Buana, Gelgel, KLungkung ini dibenarkan oleh Penyarikan/Sekretaris Desa Adat Gelgel Gede Eka Semaya Putra.

Baca Juga :  Bupati Suwirta Serahkan Laporan Keuangan Unaudited kepada BPK

“ Kita  dari Desa Adat sudah mempersiapkan secermat mungkin untuk penyanggre para pemedek sejebag jagat Bali yang akan pedek tangkil di Pura Dasar Buana ini,” Ujar Semaya Putra menegaskan.

Diarea Pura Dasar Buana pihak panitia dari Desa Adat Gelgel sudah menyiapkan petugas penerima para pemedek yang akan tangkil muspa.

Petugas penyanggra yang dilibatkan dari berbagai unsur antara lain, Unsur pengurus Desa Adat, petugas Pecalang, Hansip, Jro mangku pengayah nyiratin serta Babin kamtibmas  dari TNI/Polri, Petugas RAPI dan ORARI,termasuk pengayah dari 28 Banjar Adat sewewengkon Desa Adat Gelgel.

Baca Juga :  Kelanjutan Program Identifikasi dan Katalogisasi Lontar, Sebagai Komitmen dan Kepedulian Pemerintahan Desa Kesiman Petilan Pada Konservasi Budaya Sastra

Selain itu diarea pura tempat pemedek/masyarakat yang mau melakukan persembahyangan sudah di tentukan tempat duduk sehingga tetap ada jarak/dan para medek juga d wajibkan memakai masker.

Lebih Jauh Gede Semaya Putra menyebutkan bahwa pihak panitia Desa Adat Gelgel  telah mempersiapkan kepanitiaan penyanggre para pemedek yang akan melakukan persembahyangan bertepaatan dengan Hari Pemacekan Agung  di Pura dasar Buana, Gelgel, KLungkung ini.

Baca Juga :  Bupati Klungkung Buka Musrenbang RKPD Tahun 2022 Secara Virtual

“Ida Betara nyejer selama 3 hari mulai Ide Betare ketedunang Mulai Redite/Minggu(, 18/4/2021) dan Puncak Pujawali Ida Betara di Pura dasar Buana Gelgel hari ini Senin 19/4/2021/ Soma Pemacekan Agung.

Sementara pelaksanaan Bakti Penganyar setiap hari jam 14.00 wita, dan Penyineban dilaksanakan pada hari Kamis/ dina Wraspati ( 22/4/2021) sekitar jam / galah 13.00 wita,” Ujarnya lebih rinci, (Red/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here