JBM.co.id, Klungkung – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menjadi narasumber dalam webinar yang digelar anggota Komite II DPD RI Perwakilan Bali (B-66), Made Mangku Pastika, dari ruang kerja Bupati Klungkung, Senin (19/4). Webinar mengambil tema “Tempat Olah Sampah Setempat.”

Webinar ini juga diikuti Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung, I Ketut Suadnyana dan instansi terkait lainnya.

Bupati Suwirta dalam kesempatan itu menyampaikan, Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center Gema Santi, diciptakan untuk menangani permasalahan sampah dari hulu sampai hilir.

Inovasi yang diciptakan tahun 2017 itu, telah masuk Top 40 nasional inovasi pelayanan publik.

TOSS Center yang dibangun di atas lahan Provinsi Bali seluas 1,9 hektar di Dusun Karangdadi Desa Kusamba Kecamatan Dawan itu, kini sudah dilirik banyak pihak.

Hal tersebut terlihat, sebelumnya juga sudah banyak pihak yang berkunjung ke TOSS Center. “TOSS Center Gema Santi merupakan salah satu mimpi saya untuk membangun Kabupaten Klungkung agar ke depan semakin bersih dan terhindar dari permasalahan sampah,” ujarnya.

Bupati Suwirta juga menambahkan program TOSS ini tidak serta merta bisa benar-benar berjalan secara maksimal tanpa adanya dukungan dan komitmen dari masyarakat.

Maka dari itu, pihaknya berharap masyarakat bisa terus mendukung dan tentunya selalu menaati tata cara dalam peraturan tentang pembuangan sampah dengan sebaik-baiknya.

Hasilnya di tahun 2021 ini masyarakat khususnya di daerah Perkotaan sudah lumayan taat membuang sampah.

“Semoga kedepannya situasi ini tetap terjaga agar lingkungan bisa selalu bersih dan nyaman,” harapnya.

Sementara, Anggota Komite II DPD RI Perwakilan Bali (B-66), Made Mangku Pastika mengaku sangat mengapresiasi program inovasi Pemkab Klungkung yang digagas oleh Bupati Suwirta.

Pihaknya berharap mudah-mudahan Klungkung menjadi pusat percontohan tempat olah sampah.

Selain itu, yang menjadi dasar agar permasalahan sampah bisa berhasil hanya komitmen dan kesadaran masyarakat diharapkan terus bisa mendukung program pemerintah ini dengan niat yang tulus.

Diakhir webinar ini, Bupati Suwirta yang didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung, I Ketut Suadnyana juga menyerahkan 30 bantuan paket sembako untuk karyawan di TOSS Center, Desa Kusamba. (Red/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here