Putra Sukahet: Umat Hindu diminta Tetap Tenang dan jangan Terprovokasi

JBM.co.id, Denpasar – Berkenaan dengan video viral penistaan Agama Hindu oleh Desak Made Darmawati, Ketua Umum Asosiasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Indonesia, Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet angkat bicara.

Saat dikonfirmasi via WA, pada hari Jumat (16/4/21), dalam edaran surat resminya, Putra Sukahet mengecam perbuatan Desak Made, yang dinilainya, sangat mengganggu bahkan mencederai kerukunan antar umat beragama di Indonesia.

“Ini sangat mengganggu kerja keras kami di FKUB, yang selalu berusaha bahkan berjuang didalam membangun, merawat dan menjaga kerukunan antar umat beragama. Pernyataan dan sikap yang sangat tercela ini, tidak sesuai bahkan bertentangan dengan semua agama, bahkan bertentangan dengan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Putra Sukahet meminta umat Hindu tetap tenang dan tidak terprovokasi atas dugaan penistaan agama, yang dilakukan Desak Made,” kata Putra Sukahet.

“Ida Ratu Pangelingsir Agung sebagai Ketua Umum Asosiasi FKUB Indonesia, tetap sangat mengharapkan umat Hindu tetap tenang, tidak terprovokasi dan tidak terpancing. “Serahkan atau laporkan saja, kelakuan penistaan agama ini ke Kepolisian, supaya diselesaikan sesuai hukum yang berlaku,” imbuhnya.

“Pada dasarnya, kelakuan si Desak ini, sudah merendahkan semua agama di Indonesia dan sudah merendahkan Pancasila, merendahkan nilai nilai Bhineka Tunggal Ika dan merusak kerukunan,” jelasnya.

“Ida Ratu Pangelingsir Agung meyakini, orang ini, bukanlah penganut Islam yang baik. Karena kita semua tahu, agama Islam itu, mulia dan luhur, penganutnya yang baik, pasti akan mengikuti ajaran ajaran Islam yang luhur dan mulia. Semua Agama di Indonesia adalah mulia dan luhur. Setiap orang yang merendahkan agama, menistakan agama adalah orang yang sujatinya sangat rendah dan sangat nista,” ungkap Putra Sukahet.

Lebih lanjut, dijelaskannya, setiap umat beragama yang baik, yang sekaligus menjadi umat beragama yang baik, pastilah selalu memuliakan dan menghormati, semua agama dan semua kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang ada di Indonesia,” paparnya.

“Merendahkan agama seperti itu, apalagi menistakan agama adalah tindakan rendah yang sangat bertentangan dengan nilai-nilai semua agama, bahkan bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Putra Sukahet.

Ida Ratu Pangelingsir Agung sangat yakin, orang ini, si Desak ini, sama sekali tidak paham Hindu, tidak paham Filsafat Hindu, Teologi Hindu, Upacara Hindu, Etika Hindu. Tidak paham, tidak tahu, tapi berlagak tahu atau berlagak pintar,” tegas Putra Sukahet.

“FKUB di seluruh Indonesia, pasti sangat menyesalkan sikap dan kelakuan si Desak ini. Tetapi sekali lagi, semua umat beragama, khususnya Umat Hindu, walaupun sangat disakiti oleh pernyataan si Desak ini, mesti tetap tenang, tidak terpancing dan tidak terprovokasi oleh sikap-sikap rendah yang demikian. Serahkan saja kepada Pihak Kepolisian,” ujar Putra Sukahet.

“Ida Ratu Pangelingair Agung yakin pihak Kepolisian tidak tinggal diam. Semoga Hukum tetap tegak berjalan.
Semoga Negara Indonesia tercinta tetap semakin rukun, semakin maju dan semakin jaya .

Semoga Pancasila dan Nilai Nilai Bhinneka Tunggal Ika tetap membumi di NKRI tercinta ini,” pungkasnya. (Red/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here