JBM.co.id, Denpasar Bali – Jamaruli Manihuruk: WBK berhak diraih Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai dan WBBM berhak disandang Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali melakukan kegiatan “Pembentukan dan Penguatan Satuan Kerja” Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), bertempat di Ruang Dharmawangsa, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, pada hari Senin (12/4/21).

Kepala Kementerian Hukum dan HAM Bali, Jamaruli Manihuruk, menyatakan bahwa, kegiatan ini, dihadiri oleh Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM Bidang Isu-isu Strategis, Ian P. Siagian, didampingi Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM Bidang Transformasi Digital, Fajar B.S.Lase dan Pembimbing Kemasyarakatan Utama, Sutrisman. Kegiatan ini, juga diikuti secara daring oleh seluruh Tim Kelompok Kerja (Pokja) WBK dan WBBM serta seluruh Unit Pelaksana Teknis Kemenkum HAM se-Bali.

Lebih lanjut, Kakanwil Jamaruli Manihuruk menjelaskan bahwa, kegiatan tersebut, bertujuan untuk memberikan penguatan kepada Pimpinan Tinggi Pratama, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali dan juga Ketua Tim Kelompok Kerja (Pokja) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, serta para Kepala Unit Pelaksana Teknis Kementerian Hukum dan HAM Bali, yang didampingi oleh masing-masing Ketua Tim Pokjanya,” jelasnya.

Baca Juga :  Sinergi dengan APH, Razia/Penggeledahan di Wisma Hunian Lapas Kelas IIA Kerobokan Badung Berjalan Aman dan Lancar

Acara dibuka secara resmi, ditandai dengan pemukulan gong oleh Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM Bidang Isu-isu Strategis, Ian P.Siagian didampingi oleh Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM Bidang Transformasi Digital, Fajar B.S.Lase dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Jamaruli Manihuruk serta Pembimbing Kemasyarakatan Utama, Sutrisman.

Dalam sambutannya, Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM Bidang Isu-isu Strategis, Ian P.Siagian mengapresiasi Satuan Kerja yang telah meraih predikat WBK dan WBBM. Selain itu, Ian Siagian juga mengingatkan, 3 (tiga) point utama dalam bekerja, seperti yang sering disampaikan Menteri Hukum dan HAM RI, antara lain kerja keras, kerja ikhlas dan kerja cerdas.

Beliau juga memberikan arahan kepada para Kepala Divisi, untuk memonitoring tiap-tiap satuan kerja serta tetap menerapkan integritas serta disiplin sebagai kunci utama, untuk meraih predikat WBK dan WBBM,” jelasnya.

Baca Juga :  KOORDINATOR KUASA HUKUM GUS ADI, SUMARDIKA: “KEMBALILAH PADA HUKUM ACARA PIDANA!”

Selanjutnya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Jamaruli Manihuruk memaparkan materi tentang Capaian Kinerja pada Triwulan I tahun 2021 serta Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM.

Dalam peningkatan kualitas pelayanan publik, imbuh Kakanwil Jamaruli Manihuruk, diungkapkan bahwa, Kemenkum dan HAM Bali telah melakukan perbaikan serta peningkatan standar pelayanan publik, dengan melakukan sosialisasi pelayanan prima melalui “excellent service” dan penilaian terhadap survey kepuasan masyarakat,” jelasnya.

“Beberapa inovasi layanan yang dibuat oleh Kemenkum dan HAM Bali antara lain Kemenkum HAM Masuk Desa, Pos Pelayanan Hukum dan HAM Desa dan Portal Layanan Aplikasi,” ungkapnya.

Sementara, Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM Bidang Transformasi Digital, Fajar B.S.Lase menyampaikan Penguatan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/ WBBM. Beliau mengatakan, peningkatan kualitas pembangunan Zona Integritas di setiap area perubahan dengan inovasi pada beberapa aspek perubahan, diusahakan inovasi yang dibuat, dapat diimplementasikan oleh jajaran Satuan Kerja.

Lebih lanjut, ditambahkannya, seluruh ASN, dalam membangun Zona Integritas dilakukan dengan perubahan mindset, kelengkapan dokumen serta membuat inovasi.

Baca Juga :  Peristiwa Penembakan Kalideres, LPSK Harap Semua Pihak Menahan Diri

Diakhir acara dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Jamaruli Manihuruk kepada Unit Pelaksana Teknis, yang telah meraih predikat WBK/WBBM.

Menurut Kakanwil Jamaruli Manihuruk, Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar berhak meraih predikat WBBM dan WBK diraih oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Kantor Imigrasi Kelas II Singaraja, Rupbasan Kelas I Denpasar dan Lapas Perempuan Kelas IIA Denpasar.

“Penghargaan tersebut merupakan apresiasi dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali kepada UPT yang telah meraih predikat WBK/WBBM,” bebernya.

Sementara, Kementerian PAN RB juga memberikan penghargaan kepada Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar dan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai atas capaiannya sebagai “Role Model”, dalam mewujudkan “Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan/Berkebutuhan Khusus, yang diserahkan oleh Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM,” pungkasnya. (Red/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here