JBM.co.id, Klungkung – Bahwa terkait adanya Laporan Masyarakat yang melaporkan Dugaan Penyelewengan/Penyalahgunaan Dana pada LPD Desa Adat Ped Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung.

Selanjutnya Kejaksaan Negeri Klungkung menindaklanjuti laporan
tersebut dengan melakukan Penyelidikan sesuai dengan Surat Perintah Penyelidikan Kepala Kejaksaan Negeri Klungkung Nomor: SP.OPS-02/N.1.12/Dek. 1/02/2021 tanggal 01 Februari 2021 dengan hasil telah ditemukannya bukti permulaan yang cukup adanya dugaan perbuatan tindak pidana.

Sesuai dengan keterangan pers Kepala Kejaksaan Negeri Klungkung Rosalina
Sidabariba, S.H. MH. Pada hari Kamis 8 April 2021 di Kantor Kejaksaan Negeri Klungkung ” menindaklanjuti laporan dari masyarakat terkait penyalahgunaan dana LPD menugaskan team untuk melakukan penyelidikan.”

Baca Juga :  Korupsi Bedah Rumah, Kejari Karangasem Tahan 5 Tersangka

Sehingga saat ini proses penanganan perkara telah ditingkatkan ke
tahap penyidikan berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Kepala Kejaksaan Negeri Klungkung Nomor : Print-01/N.1.12/Fd. 1/03/2021 tanggal 26 Maret 2021 dan telah melakukan permintaan keterangan kepada para saksi dan mengumpulkan bukti-bukti untuk
membuat terang adanya tindak pidana.

” Untuk saat ini pemeriksaan saksi berjumlah 10 orang dan tidak di tutup kemungkinan pemeriksaan saksi akan bertambah sesuai dengan pengembangan dari penyelidikan kasus ini, untuk kelancaran dan keamanan dari proses penggeledahan ini pihak kejaksaan bekerjasama dengan Polsek Nusa Penida, juga disaksikan oleh ketua LPD, Perbekel dan juga pengurus LPD ” imbuhnya.

Baca Juga :  Klarifikasi Penanganan Perkara P3H,Kajari Soppeng: JPU Tak Melakukan Kriminalisasi Melainkan Murni Penegakan Hukum

Selanjutnya pada hari Rabu tanggal 07 April 2021 sekira jam 09.00 wita, Tim Penyidik pada Kejaksaan Negeri Klungkung yang berjumlah 7 (tujuh) orang dipimpin oleh Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Bintarno, SH, MH melaksanakan kegiatan Penggeledahan pada Kantor Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Ped Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung berdasarkan Surat Perintah Penggeledahan Kepala Kejaksaan Negeri Klungkung Nomor : Print-292/N.1.12/Fd 1/01/2021 tanggal 05 April 2021.

Hasil Penggeledahan ditemukan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan Penyalahgunaan/penyelewengan Dana pada LPD Desa Adat Ped antara lain berkas-berkas keuangan, sejumlah buku rekening, dan beberapa dokumen lain yang dimasukkan ke dalam 1 (satu) buah kotak Box besar untuk selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga :  Terindikasi Beri Imbalan 500 Juta untuk Penangguhan Penahanan, Oknum Lawyer dan Sesjampidum Kejagung Dilaporkan ke Polisi

“terkait dengan temuan alat bukti sendiri berjumlah 70 dokumen namun untuk tersangka belum di tetapkan karena proses dari penyelidikan pengumpulan barang bukti dan juga pengumpulan keterangan saksi saksi belum selesai karena akan dilakukan pendalaman kasus lebih dalam lagi” pungkas dari Kepala Kejaksaan Negeri Klungkung Rosalina Sidabariba, S.H. MH. (Red/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here