JBM.co.id, Jakarta – Kabar memprihatinkan datang dari Kabupaten Bone Bolanggo, Provinsi Gorontalo. Sebanyak 11 pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) memutuskan untuk menikah karena kelamaan tak sekolah.

Hal itu diungkapkan Bupati Bone Bolango Hamim Pou, di Bone Bolango, Rabu (7/4/2021).

Diungkapkan Hamim, para pelajar SMP tersebut memutuskan menikah muda saat pandemi Covid-19, karena terlalu lama tidak ada pembelajaran di sekolah.

“Kita menemukan di banyak tempat, karena terlalu lama tidak ada pembelajaran di sekolah membuat banyak kejadian yang memilukan,” ujar Hamim.

Kasus pernikahan dini di wilayahnya tersebut, membuat Hamim terkejut dan prihatin.

“Mereka masih muda, padahal tidak boleh itu. Ada 11 siswa SMP di Bone Bolango ini sudah kawin,” bebernya.

Jelas Hamim, dalam Undang-Undang Perkawinan, usia perkawinan sudah diatur dan telah ditentukan batas minimal umur bagi perempuan maupun laki-laki.

Dikatakan dia, menikah di usia atau seumuran SMP, sebagai bentuk pelanggaran Undang-Undang Perkawinan.

Tertulis dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, bahwa batas minimal usia untuk melakukan perkawinan bagi wanita dan pria 19 tahun.

Atas kasus ini, Hamim khawatir jika pembelajaran tatap muka di sekolah tidak kunjung dibuka, akan banyak terjadi siswa-siswi yang kawin muda. Bahkan dikhawatirkan, kasus lain seperti perempuan-perempuan yang melahirkan tanpa diketahui siapa ayahnya.

Agar kasus-kasus seperti ini tidak lagi terjadi, Hamim mendorong pembelajaran tatap muka segera dilakukan, karena sudah terlalu lama, dan dikhawatirkan semakin menurunkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Kendati begitu, kalau dibuka pembelajaran tatap muka, harus dipastikan ketersediaan vaksin untuk tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.

“Jadi harus kita ketahui, berapa banyak datanya, sudah berapa banyak yang divaksin. Ini yang harus kita ketahui , kemudian bagaimana pembelajaran di tengah pandemi ini, dan bagaimana kesiapan institusi pendidikan,” ujar Hamim. (Red/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here