BeritaDaerahDenpasarPendidikan

Siap Berkompetisi di Dunia Kerja, FT Unmas Denpasar Lepas 23 Calon Sarjana

Jbm.co.id-DENPASAR | Dunia semakin berubah dan berkembang.  Untuk itu, mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati atau FT Unmas Denpasar diminta meningkatkan kualitas diri seiring kemajuan teknologi.

Selain itu, mahasiswa juga diminta update diri, seiring kemajuan teknologi dan jangan berpuas diri dengan gelar Sarjana Teknik.

Hal tersebut disampaikan Dekan FT Unmas Denpasar, Dr. Ir. I Made Sastra Wibawa, M.Erg., saat melepas 23 Calon Sarjana FT Unmas di Ruang Auditorium kampus setempat, Selasa, 26 Maret 2024.

Advertisement
Foto: Dekan FT Unmas Denpasar, Dr. Ir. I Made Sastra Wibawa, M.Erg., melepas 23 Calon Sarjana FT Unmas di Ruang Auditorium kampus setempat, Selasa, 26 Maret 2024.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan Penandatanganan Kerja Sama atau MoU antara FT Unmas dengan FT Universitas Hindu (Unhi) Denpasar, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ngurah Rai serta dengan Inkindo Bali.

Dekan FT Unmas Denpasar, Dr. Ir. I Made Sastra Wibawa, M.Erg., menyebutkan pelepasan tersebut kembali menambah lulusan Calon Wisudawan/ Wisudawati periode Maret tahun 2024, dengan mengambil tema “Mewujudkan Lulusan Ahli Rekayasa, dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa

Sebelum dilepas, lanjutnya Calon Wisudawan/ Wisudawati telah melakukan acara sakral berupa siraman air kembang.

“Hal ini titik keberhasilan pertama, yang merupakan kelahiran kedua, setelah lahir dari ibu kandung. Kini lahir kembali dari akademik,” kata Sastra Wibawa, dalam sambutannya.

Ditambahkan, ada empat keahlian yang diharapkan yaitu mainstruktur, keairan, transportasi dan biotek.

Melalui keahlian yang diperoleh, diharapkan mereka berperan dalam kegiatan pembangunan di Indonesia, misalnya terkait transportasi di Bali yang didominasi oleh pariwisata, ternyata sangat membutuhkan transportasi yang memadai.

“Selain itu, lingkungan, mereka mesti peduli lingkungan yang harus memperhatikan kelestarian lingkungan, dimulai dari Feasibility Study, mereka harus memperhatikan lingkungan,” paparnya.

Kemampuan ini, lanjutnya terkait dengan etika, estetika dan logika. Ketika estetika suatu kebenaran yang didapatkan dan diterapkan dalam sebuah logika, maka ketika mereka membangun infrastruktur di pinggir pantai disarankan memakai bahan anti karat dan jangan menggunakan baja. “Memang boleh saja, tapi itu akan menambah biaya,” terangnya.

Soal kesiapan lulusan berkompetisi di dunia kerja, Sastra Wibawa optimis lulusan FT Unmas mampu bersaing karena mereka sudah dibekali dengan teori. Terlebih lagi, mereka diajar oleh dosen yang memberikan pemahaman secara praktis.

“Sekitar 75 persen dosen kita adalah seorang praktisi. Ada yang Ketua Astakindo, ada yang aktif di Inkindo, yang punya perusahaan kontraktor dan juga sebagai konsultan perencana. Saat kuliah, teori mereka sudah dapatkan, lalu saat kunjungan lapangan mereka terlibat langsung mulai dari perencanaan,” kata Sastra Wibawa, seraya menambahkan, kalau bekerja di dunia konstruksi mesti punya SKK (Surat Kompetensi Kerja) yang terlebih dahulu mencari pengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun.

“Banyak pilihan ada Astakindo, Inkindo, untuk mencari pengalaman,” paparnya.

Oleh karena itu, Satria Wibawa berpesan agar menjunjung tinggi nama FT Unmas khususnya di dunia konstruksi.

Acara Pelepasan juga diisi Kuliah Umum dengan menghadirkan Ketua Inkindo (Ikatan Konsultan Nasional Indonesia) Bali, Ir. I Gusti Made Palguna, yang membawakan topik Pengelolaan Proyek Konstruksi.

Pada kesempatan tersebut, Palguna menyampaikan, dalam pengelolaan proyek konstruksi ada sejumlah tahapan meliputi tahap awal proyek perencanaan dan perancangan hingga masa konstruksi pelaksanaan pembangunan fisik.

Ditambahkan, seorang konsultan bekerja mulai dari pra pelaksanaan hingga pasca. Sementara kontraktor hanya pelaksanaan saja.

“Saya yakin tidak lama, lulusan Fakultas Teknik tidak lama nganggurnya, karena dibutuhkan. Bahkan, ada yang sudah bekerja semasih kuliah. Berbanggalah kuliah di Fakultas Teknik,” pungkasnya. (red).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button