BangliBeritaDaerahEkonomiLingkungan HidupPemerintahan

Wakil Bupati Bangli Wayan Diar Resmikan Gedung IKM Sentra Kopi di Desa Catur

Jbm.co.id-BANGLI | Tuntasnya pembangunan Gedung Indutri Kecil Menengah (IKM) Kopi di Desa Catur, Kecamatan Kintamani, Bangli digelar upacara Ngersi Gana, pemelaspas dan ngenteg linggih sekaligus dirangkaian dengan peresmian, Rabu, 29 November 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri Wabup Bangli I Wayan Diar, Asisten I Sekda Kabupaten Bangli I Made Ari Pulasari, Kadisperindag Bangli I Wayan Gunawan, Pimpinan OPD di Lingkungan Pemda Bangli, Perwakilan Camat Kintamani serta dari Pemerintahan Desa Catur, Desa Belantih dan undangan lainnya.

Foto:  Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar memberikan sambutan, saat pembangunan Gedung Indutri Kecil Menengah (IKM) Kopi di Desa Catur, Kecamatan Kintamani, Bangli, Rabu, 29 November 2023.

Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar saat membacakan sambutan Bupati Bangli menyebutkan untuk merealisasikan visi Pembangunan Bangli maka dijabarkan dalam bentuk sembilan misi.

Advertisement

Salah satu misinya, kata Diar, terkait dengan sektor perindustrian dan perdagangan yakni menjamin terpenuhinya kebutuhan pangan, sandang dan papan dalam jumlah dan kualitas yang memadai bagi kehidupan krama Bangli melalui kemandirian pangan dan mengembangkan pusat ekonomi kerakyatan.

“Salah satu program dalam mendukung visi dan misi tersebut adalah dengan pembangunan sentra industri kecil dan menengah yaitu Sentra IKM Kopi Kintamani yang terletak di Desa Catur,” ujarnya.

Sebut Diar, Kabupaten Bangli merupakan kabupaten dengan PAD yang paling rendah di Propinsi Bali.

Namun hal tersebut tidak menjadi halangan bagi kita untuk melakukan pembangunan di Kabupaten Bangli. Berbagai terobosan dan lompatan dilakukan, salah satunya melalui strategi pemanfaatan sumber pembiayaan dari Pemerintah Pusat.

“Seperti Pembangunan Sentra IKM Kopi ini kita mendapatkan sokongan dari pusat melalui Dana alokasi Khusus (DAK) senilai Rp 9,4 Milyar,” terangnya.

Dengan anggaran pusat ini, akhirnya Pemkab Bangli bisa mewujudkan Pembangunan gedung sentra IKM Kopi Kintamani yang terletak di Desa Catur ini.

“Gedung sentra IKM ini adalah salah satu wujud peran serta Pemerintah Kabupaten Bangli untuk hadir di tengah-tengah masyarakat dengan dalam upaya meningkatkan ekonomi kesejahteraan masyarakat dengan penciptaan lapangan kerja di sektor Industri khususnya industri kopi,” ucap pria asal Desa Belantih itu.

Dengan adanya Sentra IKM ini, ucapnya lagi, nantinya bisa menumbuhkan enterpreneur muda di daerah Kintamani khususnya di Desa Catur.

Selain itu, dengan terbangunnya gedung sentra IKM ini selanjutnya adalah tugas semua pihak agar output tujuan dari Pembangunan Gedung Sentra IKM ini dapat benar-benar tepat sasaran.

Untuk ke depannya pengelolaan sentra ini perlu untuk dioptimalkan dengan pengisian oleh SDM yang handal dan ahli di bidangnya sehingga benar-benar terasa manfaatnya bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kami tidak ingin gedung sentra ini hanya terbangun tapi tidak dimanfaatkan dengan baik,” pintanya.

Pihaknya lantas berharap kepada seluruh stakeholder terkait beserta IKM dan masyarakat, khususnya di Desa Catur dan Belantih agar berusaha menciptakan inovasi sehingga produk yang dihasilkan oleh IKM Kopi ini bisa bersaing di pasaran.

“Jika melihat dari sarana baik itu bangunan maupun alat produksi kopi yang ada ini sangat mendukung sekali terciptanya produk kopi yang berkualitas dan sesuai dengan selera pasar. Sekarang tinggal bagaiman kita bersama memanfaatkan dan memanajemen sentra IKM ini agar sesuai dengan tujuan awal pembangunan,” pungkasnya. (surya).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button