JBM.co.id, Klungkung – Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta hadiri Musyawarah Kerja Kabupaten (Muskerkab) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Klungkung Tahun 2021 bertempat di Resto Kali Unda Paksebali Dawan pada Selasa, (30/3/2021).

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta selaku ketua PMI Kabupaten Klungkung dalam sambutannya menyampaikan dalam penanganan pencegahan penularan Virus Covid-19, PMI kabupaten Klungkung bekerjasama dengan Pemerintah Daerah melakukan berbagai kegiatan diantaranya memberikan edukasi (cuci tangan, Cek Suhu, penggunaan masker), Spraying dan Sosialisasi mengenai Protokol Kesehatan COVID-19 kepada masyarakat Klungkung.

Dari sisi sosial dan kesehatan PMI kabupaten Klungkung juga membantu masyarakat lansia, difabel, Bencana dan sebagainya.

PMI Klungkung juga mengadakan kegiatan setiap bulan mengadakan kegiatan donor darah ke Desa-Desa di Kabupaten Klungkung.

“Dalam situasi pandemi COVID-19, PMI Kabupaten Klungkung jangan sampai patah semangat dalam memberikan pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat Klungkung,” ujar Wabup Kasta.

Wabup Kasta mengingatkan bahwa tugas utama PMI adalah membantu pemerintah Kabupaten atau Provinsi dalam menjalankan tugasnya di bidang sosial. Selain membantu Pemerintah Daerah dan Provinsi, PMi juga mempunyai tugas untuk memberikan pelayanan tranfusi darah.

Wabup Kasta menambahkan tujuan diadakan Muskerkab PMI klungkung adalah untuk mengevaluasi kinerja PMI Kabupaten Klungkung Tahun 2020 dan membahas Program yang akan dilaksanakan pada tahun 2021.

Ketua PMI Provinsi Bali I Gusti Bagus Alit Putra dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris PMI Provinsi Bali Gusti Made Arya Wisnu Mataram, menyampaikan bahwa Program Kerja PMI Tahun 2021 di Beberapa kabupaten di Provinsi Bali sudah berjalan. adapun kabupaten tersebut antara lain, Kabupaten Badung, Bangli, Buleleng, Karangasem, dan Gianyar.

Muskerkab merupakan wadah dari segenap komponen PMI di Kabupaten untuk dapat berkumpul, dan secara bersama-sama melaksanakan penyempurnaan dan legalisasi Program kerja PMI untuk disahkan dan menjadi acuan bagi kabupaten Penyelenggara dalam pelaksanaan Program dan Kegiatan selama periode 1 tahun ke depan.

Kami Berharap Kegiatan Muskerkab yang dilaksanakan di Kabupaten Klungkung dapat menghasilkan program kerja dengan melalui proses pengkajian berdasarkan kebutuhan dan Prioritas, sehingga dapat dilaksanakan dengan fokus dan terarah baik untuk peningkatan pelayanan maupun pengembangan kapasitas organisasi PMI di Wilayah Kabupaten Klungkung.

Dan dalam menyusun Program terdapat sinergi antara PMI Provinsi dan PMI Kabupaten Klungkun, sehingga pelaksanaan Program dapat dilaksanakan lebih efektif, efisien dan tepat sasaran serta dengan kebutuhan.

Sekretaris PMI Provinsi Bali Gusti Made Arya Wisnu Mataram, mewakili PMI Provinsi Bali mengapresiasi dukungan Pemerintah Kabupaten Klungkung dalam memfasilitasi Kegiatan PMI Kabupaten Klungkung.

Dirinya juga menyampaikan bahwa PMI Kabupaten Klungkung mendapatkan perhatian dari PMI Provinsi, hal ini terkait pembinaan anggota PMI dan relawan Kabupaten Klungkung, dimana Kabupaten Klungkung memiliki unit PMR (Palang Merah Remaja) dan Relawan yang sangat potensial untuk dibina, dan dikembangkan sehingga dapat mendukung program kegiatan PMI Kabupaten Klungkung pada khususnya, dan di Provinsi Bali pada umumnya.

Sekretaris PMI Provinsi Bali Gusti Made Arya Wisnu Mataram mengingatkan PMI Kabupaten Klungkung agar kegiatan diseminasi perlu dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan sehingga masyarakat semakin memahami implementasi lambang Palang merah selain peningkatan pemahaman tentang program dan kegiatan PMI.

Dan mengingatkan bahwa saat ini PMi di Seluruh Indonesia masih melakukan pelaksanaan spraying desinfektan, promosi edukasi, pencegahan penyebaran COVID-19, distribusi masker dan paket PHBS sampai dengan evakuasi atau rujukan pasien COVID-19.

Gusti Made Arya Wisnu Mataram menambahkan bahwa perlunya dukungan dari semua pihak sangat diharapkan sehingga kegiatan respon bencana yang dilakukan PMI Provinsi Bali, baik tingkat daerah atau nasional dapat dilaksanakan sebaik-baiknya.

Dan kedepannya mengharapkan agar Unit Donor Darah PMI agar dapat meningkatkan kegiatan donor untuk therapy plasma bagi pasien COVID-19, peningkatan mutu, dan keamanan darah serta memberikan pelayanan darah yang lebih maksimal kepada masyarakat.

Pada akhir sambutan, Sekretaris PMI Provinsi Bali Gusti Made Arya Wisnu Mataram, mewakili Ketua PMI Provinsi Bali membuka kegiatan Muskerkab PMI Kabupaten Klungkung tahun 2021.

Dalam Muskerkab PMI Kabupaten Klungkung diisi pemaparan,antara lain, mengenai pertama, Laporan Evaluasi PMI Kabupaten Klungkung Tahun 2020, Rencana Pelaksanaan Program PMI Kabupaten Klungkung tahun 2021, dan usulan Kegiatan Tahun 2022.

Kedua, mengenai tanggapan peserta tentang evaluasi Kegiatan PMI Kabupaten Klungkung Tahun 2020 dan Rencana Pelaksanaan Program PMI Kabupaten Klungkung Tahun 2021 dan Usulan Kegiatan Tahun 2022.

Pelaksanaan Muskerkab ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan Prokes COVID-19. Dan dihadiri oleh pengurus, Perwakilan Relawan dan undangan terkait lainnya. (Tim/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here