JBM.co.id Tabanan – Karena lepas kendali, kendaraan Truk Hino jatuh terguling di utara jalan umum jurusan Denpasar – Gilimanuk, sekitar pukul 05.15 WITA, berlokasi di Banjar Dinas Samsam II, Desa Samsam, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, tepatnya di tanjakan Samsam II , Selasa ( 30/3/21 ).

Tergulingnya Truk Hino, pengangkut barang, dengan Nomor Polisi “P 8046 UV” di tanjakan Samsam II dinihari, disebabkan kurangnya perhitungan ancangan awal si pengemudi Tarto Sumarto ( 60 ), laki – laki, asal Payaman, Kelurahan Giri, RT 01, RW II, Kecamatan Giri, Kabupaten Banyuwangi TKP (tempat Kejadian Perkara).

Sebelum kejadian, kendaraan Truck Hino tersebut, datang dari arah selatan menuju utara atau dari jurusan Gilimanuk menuju Denpasar. Setibanya di TKP, pada saat memasuki jalan tanjakan di tikungan landai ke kiri dari arah Gilimanuk, pengemudi menggunakan perseneleng 3. Kemudian akan menurunkan perseneleng 2. Selanjutnya truck tidak kuat menanjak, hingga terjadilah, truck mundur dan jatuh terguling di sebelah utara jalan.

Dari kejadian tersebut, Kasat Lantas Tabanan membenarkan kejadian truk terguling di jalur Samsam II dengan kondisi, “truk terguling disisi sebelah utara jalan jalur menuju ke Denpasar,” jelasnya.

Itu disebabkan, tidak bisa mengendalikan kendaraan, disaat laju melintasi tanjakan samsam II. Untungnya, pengemudi dan penumpangnya dalam keadaan selamat,” jelas Kasat Lantas Tabanan.

Kasat lantas pun, menghimbau, bagi pengendara di jalur tersebut, selalu waspada dan ambilah perencanaan yang cepat, karena banyak tikungan dan tanjakan ekstrem,”ungkapnya.

“Berhati – hatilah dan selalu waspada melintasi jalur ini. Apalagi cuaca hujan dan tanjakan banyak, bagi pengendara truk dengan beban tinggi, ambil ancangan lebih awal dan semoga selalu selamat di jalan raya.” imbuhnya.

Untuk kejadian tersebut, pengemudi Truk Hino mengalami kerugian material sebesar Rp. 2.000.0000 ( dua juta rupiah ). Sementara, arus alur kendaraan, sudah diatur oleh Satuan Lalu Lintas Tabanan, agar pengendara yang lain menuju jalur Denpasar, dapat terkendali dengan baik. (Tim/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here