Daerah

Ganasnya Abrasi Hantam Pantai Ujung Pandaran Kotim

JBM.co.id, Kotim (Kalteng) – Abrasi yang terjadi di destinasi wisata andalan Kabupaten Kotawaringin Timur yaitu Pantai Ujung Pandaran terlihat semakin parah.

Kuatnya hantaman ombak yang menyebabkan abrasi ini bahkan telah menghancurkan berbagai fasilitas yang telah dibangun oleh Pemkab Kotim di kawasan wisata pantai tersebut.

Warga Desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit bahkan sebagian telah direlokasi ke tempat yang lebih aman, termasuk berbagai fasilitas umum seperti sekolah dan sarana lainnya.

“Warga Desa Ujung Pandaran yang sudah direlokasi ke daerah pemukiman baru yang lebih aman sekitar 80 persen”,kata Camat Teluk Sampit Kotim Drs.Juliansyah M.AP kepada jbm.co.id, Selasa (30/03/2021)

Ia mengatakan saat ini di Pantai Ujung Pandaran ada pembangunan tanggul abrasi yang dibiayai dari APBN melalui Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

“Tanggul dibangun sepanjang kurang lebih 400 meter dengan total anggaran sekitar Rp.14 milyar”, ucapnya.

Diharapkan dengan adanya pembangunan tanggul di tahun 2021 ini maka abrasi yang terjadi di pantai tersebut akan bisa tertanggulangi.

“Namun mengingat cukup panjangnya pantai yang ada diharapkan pada tahun depan pembangunan tanggul abrasi itu dapat dilanjutkan kembali”, tandas Juliansyah. (Tim/Jbm)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: