JBM.co.id, Klungkung – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2022 dan Konsultasi Ranwal Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Semesta Berencana Tahun 2018-2023 secara virtual dari ruang kerjanya, Selasa (30/3).

Musrenbang diikuti Sekda Klungkung, I Gede Putu Winastra, Unsur DPRD Kabupaten Klungkung, Forkopimda Kabupaten Klungkung, Bappeda Provinsi Bali, OPD Pemkab Klungkung dan Instansi Vertikal Kabupaten Klungkung.

Bupati Suwirta dalam sambutannya mengatakan, untuk mencapai tujuan pembangunan daerah, perlu dirancang perencanaan pembangunan daerah yang disusun berdasarkan skala prioritas yang betul-betul dapat menyentuh serta memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Klungkung dan menjawab permasalahan daerah.

Oleh karenanya, penyusunan perencanaan pembangunan daerah harus mampu menghasilkan rumusan program kegiatan yang didasarkan pada strategi dan arah kebijakan yang fokus mengatasi akar masalah pencapaian terget prioritas daerah.

Selain itu, Bupati Suwirta berharap perhatian semua pihak yang terlibat, agar melakukan pembahasan yang serius dan mendalam dalam merumuskan strategi arah kebijakan dan program kegiatan pembangunan daerah Tahun 2022, sehingga mampu menghasilkan pembangunan daerah yang manjadi landasan kuat pencapaian target pembangunan daerah jangka menengah.

“Kepada semua kepala perangkat daerah, saya instruksikan untuk merancang kegiatan tahun 2022 dengan baik dan detail, sehingga dalam pelaksanaannya nanti setelah penetapan APBD Tahun Anggaran 2022 dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,” harap Bupati Suwirta.

Kepala Baperlitbang selaku Ketua Tim Penyusunan RKPD Kabupaten Klungkung, Anak Agung Gede Lesmana mengatakan, Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2022 mengangkat sebuah tema “Percepatan Pemulihan Kehidupan Masyarakat melalui Pemerataan Pertumbuhan Ekonomi” dengan empat prioritas yaitu, penanggulangan kemiskinan dan pembangunan perekonomian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pembangunan manusia berbudaya melalui peningkatan kualitas pendidikan kesehatan dan daya saing sumber daya manusia, pembangunan infrastruktur untuk mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik dan percepatan reformasi birokrasi untuk mewujudkan birokrasi yang santun, berintegritas, akuntable, renponsif dan inovatif.

Adapun tujuannya antara lain, menyepakati permasalahan pembangunan daerah, menyepakati prioritas pembangunan daerah dan menyepakati program kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi.

Jumlah peserta kurang lebih sebanyak 100 orang. “Musrenbang RKPD Kabupaten Klungkung Tahun 2022 ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai 30 Maret sampai 1 April 2021,” ujarnya. (Tim/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here