JBM.co.id, Denpasar – DPRD Provinsi Bali menggelar Rapat Paripurna ke-2 Masa Persidangan pertama Tahun Sidang 2021, yang dilaksanakan secara virtual dan dihadiri secara langsung oleh Gubernur Bali, Dr. Ir. I Wayan Koster, MM., didampingi Wakil Gubernur Bali, Dr. Ir. Tjok. Oka Artha Ardhana Sukawati,M.Si.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Ketua Pimpinan DPRD Provinsi Bali, I Nyoman Adi Wiryatama,S.Sos.,M.Si., didampingi Wakil Ketua, Dr. Nyoman Sugawa Korry, SE.MM.Ak.Ca. beserta Para Ketua Komisi dan Ketua Fraksi, Alat Kelengkapan Dewan, Sekretaris DPRD Prov.Bali beserta jajarannya di Ruang Sidang Utama, Kantor DPRD Provinsi Bali, Senin, (29/3/21).

Rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD Bali, I Nyoman Adi Wiryatama, S.Sos.M.Si., mengagendakan Penyampaian Raperda Inisiatif DPRD tentang perubahan ketiga atas Peraturan Daerah No.3 tentang Retribusi Jasa Usaha, yang dibacakan oleh Ketua Bapemperda DPRD Provinsi Bali, I Ketut Tama Tenaya,SS.MSi.

Dilanjutkan, dengan Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Bali Tahun 2020, yang dibacakan langsung oleh Gubernur Bali, Dr. Ir.I Wayan Koster,MM.

“Pandemi Covid-19 di Bali telah dapat ditangani dengan baik, berkat kerja keras dan sinergi antara Pemerintah Provinsi Bali dengan Kodam IX/Udayana, Polda Bali, Kejati Bali, Pemerintah Kabupaten/Kota, Majelis Desa Adat, Parisada Hindu Dharma Indonesia, Desa Adat, dan Desa/Kelurahan se- Bali serta gotong-royong berbagai komponen masyarakat,”jelas Gubernur Koster.

Provinsi Bali menjadi percontohan yang mendapat apresiasi Gubernur mengurai capaian makro ekonomi Bali tahun 2020. Secara kumulatif, perekonomian Bali selama tahun  2020 tercatat tumbuh negatif (terkontraksi) sedalam -9,31 persen atau mengalami perlambatan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang tercatat tumbuh 5,63 persen,”bebernya.

“Capaian pertumbuhan Bali juga masih lebih rendah dari capaian pertumbuhan ekonomi nasional sebesar -2,07 persen. Tekanan terhadap perekonomian daerah Bali ini dipicu keterpurukan pada sektor pariwisata, dimana pada masa pandemi diberlakukan pembatasan-pembatasan yang melumpuhkan aktivitas wisata,” ujarnya.

Lebih lanjut, ditambahkannya, PDRB per kapita penduduk Bali di tahun 2020 mencapai Rp 51,18 juta, menurun, jika dibandingkan tahun 2019 sebesar Rp 58,14 juta dan masih di bawah angka rata-rata nasional sebesar Rp. 56,90  juta.

“Jumlah penduduk miskin di Bali kondisi September 2020 mencapai 196,92 ribu orang atau  sebesar 4,45 persen. Jika dibandingkan dengan angka nasional, jumlah penduduk miskin di Bali relatif jauh lebih rendah. Karena secara nasional jumlah penduduk miskin mencapai 27,55 juta orang atau sekitar 10,19 persen,”jelasnya.

Sementara itu, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada bulan Agustus 2020 tercatat sebesar 5,63 persen, meningkat 4,06 poin dibandingkan TPT Agustus 2019 yang tercatat sebesar 1,57 persen. Berikutnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Bali pada tahun 2020 mencapai 75,50, meningkat jika dibandingkan tahun 2019 yang tercatat sebesar 75,38 persen,”ungkapnya.

Mengenai pelaksanaan program pembangunan, mengacu pada APBD Semesta Berencana Provinsi Bali Tahun Anggaran 2020. Anggaran Pendapatan yang direncanakan sebesar Rp. 6,092 triliun terealisasi sebesar Rp.5,718 triliun atau 93,36%. Sementara, Anggaran Belanja Daerah yang direncanakan sebesar Rp.6,924 triliun terealisasi sebesar Rp.6,358 triliun atau 91,82%.

Sejalan dengan realisasi anggaran tersebut, Gubernur kelahiran Desa Sembiran ini, menyampaikan bahwa implementasi Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang memasuki tahun ke-2 telah membuahkan banyak capaian.

Dalam bidang legislasi, berhasil diselesaikan 40 peraturan yang sangat  penting dan strategis, terdiri dari 15 Peraturan Daerah  dan 25 Peraturan Gubernur. Menurutnya, keseluruhan peraturan ini merupakan landasan hukum untuk meletakkan dasar-dasar dalam rangka menata secara fundamental dan komprehensif pembangunan Bali yang berkaitan dengan alam, manusia dan kebudayaan sesuai dengan filosofi Sad Kerthi,”pungkasnya. (Tim/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here