JBM.co.id, Denpasar – Alunan merdu dan harmoni dari “Gamelan Pesel” mengalun , dan teduhnya suara wirama kidung suci, mengiringi prosesi upacara menambah magis jalannya upacara NgeRsi Gana , Melaspas dan mendem pedagingan Padmasana Kantor Perbekel Desa Kesiman Petilan, yang dilaksanakan hari ini Purnama Kedasa, Minggu Pon Julungwangi Tanggal 28 Maret 2021.

Acara dimula pada pukul 09.30 wita, Tampak Para serati Banten, staf dan perangkat Pemerintahan Desa sibuk membantu terlaksananya upacara sesuai dengan tugas masing-masing.

Agar upacara berjalan dengan lancar. Diantar oleh alunan hening Genta dari Ida Rsi Grya Batur sari . Upacara kali ini juga dihadiri dan “dipuput’ oleh Mangku Kayangan tiga, jro mangku Desa dan jro Mangku Dalem.

Di dalam jajaran tampak hadir tokoh masyarakat desa dari Puri Pemayun, yang juga ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, SH. Tampak pula hadir perwakilan Dinas PMD kota Denpasar, Camat Denpasar Timur, Bendesa Adat Kesiman, Lurah Kesiman, dan wakil dari Perbekel Desa Kesiman Kertalangu.

Para kelian adat se-Desa Kesiman Petilan juga tampak mengikuti prosesi upacara kali ini.

Setelah upacara “nganteb Banten” Rsi Gana, melaspas kantor dan Mendem Pedagingan selesai, maka semua yang hadir mengikuti persembahyangan bersama dengan khidmad dipandu oleh Ida Rsi.

Setelah itu acara dimulai dengan acara seremonial kedinasan yang diawali sambutan dari bapak Perbekel I wayan Mari. Dalam sambutannya perbekel menjelaskan renovasi Kantor dilakukan karena kebutuhan beberapa ruang Lembaga Desa harus dipenuhi.

Setelah sambutan Perbekel acara selanjutnya adalah acara peresmian secara simbolis Kantor Perbekel dengan cara membuka tirai Papan Nama Kantor, yang dilakukan Oleh Perbekel, Tokoh masyarakat, ketua BPD , Perwakilan Dinas PMD, Camat Dan Bendesa yang diiringi Hentakan Dinamis alunan Gamelan Pesel yang disambut tepuk tangan para undangan yang hadir.

Acara ditutup dengan bersantap siang bersama sekaligus mengakhiri Upacara pemelaspasan hari ini. Gerimis hujan pun turun seakan sebagai tanda semesta merestui.

Atas Nama Pemerintahan Desa Kesiman Petilan, Kami Ucapkan Terima kasih atas semua pihak yang telah membantu terlaksananya upacara kali ini, yang tidak sempat kami sebut satu persatu. (Tim/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here