Berita

Gunung Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas

Status Merapi Level Siaga, Sultan Himbau Masyarakat Tidak Panik

JBM.co.id, Jakarta – Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), meluncurkan guguran lava pijar sebanyak sembilan kali, dengan jarak luncur maksimum 1 kilometer ke arah barat daya, Selasa (23/3/2021) pada pukul 00.00 hingga pukul 06.00 WIB.

Menurut Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geololgi ( BPPTKG) Hanik Humaida, sebagaimana dikutip jbm.co.id dari Antara, bahwa selama periode pengamatan juga terjadi 40 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-25 milimeter selama 11-63 detik.

Sebut dia, asap kawah tidak teramati keluar dari puncak Kawah Merapi, selama periode pengamatan.

Disampaikan Hanik, pada Senin (22/3) malam, dari pukul 18.00 sampai pukul 24.00 WIB, Gunung Merapi juga mengeluarkan guguran lava pijar ke arah barat daya sembilan kali. Jarak luncur guguran lava pijarnya, maksimum 900 meter.

Untuk menghindari dampak aktifitas Merapi, sampai saat ini pihak BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada level III atau siaga.

Guguran lava dan awan panas Gunung Merapi, diperkirakan berdampak pada wilayah sektor selatan – barat daya yang meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng dan Putih. (Tim/Jbm)

Sumber : ANTARA

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: