JBM.co.id, Tabanan – Bupati Tabanan DR. I Komang Gede Sanjaya,SE,MM., menginginkan Barista Kopi Lokal Tabanan meningkatkan kemampuannya, agar menjadi barista yang terampil dan profesional, dalam mengolah kopi yang merupakan warisan dari leluhur, agar mampu meningkatkan kepopuleran kopi lokal Tabanan hingga ke mancanegara.

Hal itu disampaikan Bupati Sanjaya, dalam lomba Barista Kopi Bali yang digelar di pedepokan SMI Beladiri, Banjar Batungsel, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, sekaligus melakukan kunjungan kerja ke Taman Teknologi Pertanian (TTP) di Desa Sanda, Sabtu (20/3/21).

Turut ambil bagian dalam lomba ini, sekitar 12 orang Barista terlatih asal Tabanan, yang akan menunjukan kemampuan untuk menjadi yang terbaik.

Pada kesempatan itu, Bupati Sanjaya juga didampingi oleh Sekda Tabanan, I Gede Susila, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Kabupaten Tabanan, serta OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, meninjau pembuatan kopi oleh para barista.

Baca Juga :  Pantau Pelaksanaan UNBK Di Lampung Selatan, Gubernur Arinal Juga Saksikan Sekolah Di Kalianda Siap Antisipasi Dan Cegah Virus Corona

Bupati Sanjaya, juga sangat mengapresiasi lomba yang baru pertama kali digelar di kecamatan Pupuan ini, yang sangat memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemi ini. “Tadi saya baru masuk di test rapid antigen, begitupun dengan seluruh yang hadir disini,” ucapnya.

Dengan diadakannya event ini, langsung di pusatnya kopi, Bupati Sanjaya juga berharap, ini menjadi momentum menuju meningkatnya pamor potensi-potensi lokal di Tabanan, sehingga dengan diolah, dibranded dan diexplore dengan lebih baik lagi, kopi Bali Tabanan mampu menembus pasar Dunia dan menguntungkan para petani, khususnya petani kopi Tabanan.

Dia juga mengatakan, Sejarah dan perjalanan kopi Bali sangat panjang dan memiliki sejarah di era kolonial. Sekarang, kopi telah menjadi suatu budaya, khususnya di kalangan masyarakat Tabanan. Selain itu, kopi ini dikatakannya sangat perlu lebih diexplore lagi untuk meningkatkan pamornya.

Baca Juga :  Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan Lokal, Suarjana: Gema Sadu Tabanan Rapatkan Barisan Sikapi Respons Cepat Wabup Edi

“Kopi ini luar biasa, sangat luar biasa. Bayangkan saja dulu, kita dijajah karena salah satunya kopi ini. Karena rasanya yang enak,” imbuhnya.

Ia berharap, kopi ini, dengan diolah tenaga terampil dan kompeten, mampu memiliki keunggulan dan memiliki daya saing yang tinggi, sehingga menuju kejayaannya sesuai dengan visi misi Tabanan, yakni menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani.

Sebelumnya, Ketua Panitia Lomba I Made Suamanta melaporkan, lomba ini mengambil tema “Indonesia Berkepribadian Dalam Kebudayaan” memantapkan implementasi Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Diharapkan bisa memberi manfaat bagi petani kopi tabanan dan lahir barista handal di Tabanan.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Serahkan Langsung Santunan Klaim Jaminan Kematian

Usai dari kegiatan Lomba Barista Kopi Bali, Bupati Sanjaya langsung menuju TTP Desa Sanda. Disana, Ia meninjau perkembangan pembangunan yang ada di TTP tersebut, sembari melakukan perbincangan dengan Kepala Dinas Pertanian Tabanan, I Made Budana. Banyak hal yang dibicarakan saat itu, terkait keberlanjutan pembangunan dan pengembangan dari TTP tersebut akan seperti apa nantinya.

Pada saat itu, Bupati Sanjaya menegaskan, apapun yang dilakukan dan program apapun yang dijalankan baik di TTP maupun di tempat lain dibawah naungan Pemkab Tabanan, harus direncanakan dengan matang dan diskusikan dengan berbagai pihak. Rencana dan program yang dibuat, sangat berdampak positif dan bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya. (Tim/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here