Daerah

Walau Diguyur Hujan, Polres Tabanan Gelar Personel Pengamanan Pecaruan “Tawur Kesanga”

JBM.co.id, Tabanan – Guna menjamin terpeliharanya situasi kamtibmas Tabanan aman kondusif demi terciptanya rasa aman, nyaman serta bebas dari gangguan bagi umat Hindu yang sedang melaksanakan kegiatan ritual keagamaan, Polres Tabanan menggelar Personel Pengamanan malam pengerupukan Tawur Kesanga, jelang Nyepi, tahun baru caka 1943, tahun 2021, pada Sabtu, (13 / 3 / 21).

Kabag Ops Polres Tabanan, Kompol I Nengah Sudiarta, S.Sos, selaku pengendali dan koordinator kegiatan, menggelar personel pada titik penggal ruas jalan, khusus yang menjadi diatensi pengamanan adalah simpang empat yang disebut Catus Pata, karena pada tempat ini, diselenggarakannya ritual keagamaan pecaruan, yaitu Tawur Kesanga.

Sebagimana dijelaskan Kabag Ops, “karena ritual pecaruan “Tawur Kesanga” dipusatkan pada Catus Pata atau simpang empat, perlu kita antisipasi keamanan dan kelancarannya, kita lakukan pengaturan arus lalu lintas, bila perlu untuk sementara, arus lalu lintas, kita alihkan pada ruas jalan alternatif, ” tegas Kabag Ops.

Untuk giat pengamanan di wilayah Desa Adat Kota Tabanan, personel Polres Tabanan yang diturunkan sebanyak 58 orang, semuanya tergelar pada titik pangkal ruas jalan dan secara khusus yang menjadi prioritas pengamanan pada persimpangan empat yang disebut Catus Pata.

Sementara, untuk pengamanan di masing-masing wilayah kecamatan jajaran Polres Tabanan, giat pengamanan dipimpin dan dikendalikan oleh Kapolsek setempat selaku Kapamwil atau Kepala Pengamanan Wilayah di Kecamatan, bersinergi dengan anggota Koramil dan Pecalang.

Pantauan di lapangan untuk di wilayah Desa Adat Kota Tabanan, secara umum sampai kegiatan pecaruan selesai, situasi tetap aman kondusif , arus lalu lintas landai, tertib, aman dan lancar.

Di saat ritual pecaruan “Tawur Kesanga” sedang berlangsung, kota Tabanan diguyur hujan gerimis, anggota yang bertugas disitu tetap sabar dan turun untuk mengatur arus lalu lintas, guna menghindari hal yang tidak kita inginkan,” ungkap Kabag Ops. Selanjutnya, petugas Pam bersinergi dengan pecalang, mengingatkan kepada semua pengguna jalan yang melintas untuk berhati-hati karena jalanan licin. (Tim/Jbm)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: