BadungBeritaDaerahGaya HidupKesehatanPendidikan

SUPREMASI XVII, Prodi Informatika FMIPA Unud dan PDDI Bali Sepakati Hidupkan Lentera Donor Darah di Generasi Milenial

Jbm.co.id-BADUNG | Program Studi Informatika Fakultas MIPA Universitas Udayana dan PDDI Provinsi Bali menggelar donor darah, dalam memaknai kegiatan SUPREMASI XVII di Gedung Dekanat Fakultas MIPA Lantai III Universitas Udayana, Sabtu, 6 April 2024.

Selain menggandeng PDDI Bali, Program Studi Informatika FMIPA Unud juga bekerjasama dengan dua UTD meliputi PMI Bali dan UTD. RSUP Prof. Dr. I.G.N.G. Ngoerah untuk bersatu, dalam melaksanakan aksi kemanusiaan, yang disebut Informatics Hemovolunteer Supremasi XVII Hal tersebut dilakukan sebagai rangkaian kegiatan program Ulang Tahun ke-17 untuk membentuk sebuah bakti kemanusiaan.

“Kegiatan donor darah ini kita persembahkan kepada para pasien yang ada di Rumah Sakit,” kata Ketua PDDI atau Perhimpunan Donor Darah Indonesia Provinsi Bali, Ketut Pringgantara.

Advertisement
Foto: Dekan Fakultas MIPA Universitas Udayana Prof. Dra. Ni Luh Watiniasih, M.Sc., Ph.D., (tengah) didampingi Kaprodi Informatika FMIPA Unud DR.Ir. I Ketut Gede Suhartana, S.Kom., M.Kom., IPM., ASEAN. Eng., (paling kanan) dan Ketua Panitia Supremasi XVII Pogram Studi Informatika FMIPA Universitas Udayana, Ngurah Kelvin Febryanta Lila Ananda (paling kiri), saat kegiatan donor darah di Gedung Dekanat Fakultas MIPA Lantai III Universitas Udayana, Sabtu, 6 April 2024.

Menariknya, satu hal yang membanggakan adalah banyaknya pendonor New Comer atau pendatang baru sebagai kebahagiaan bersama, baik mahasiswa maupun dosen sebagai gayung bersambut, untuk turut serta berdonor darah.

“Kita berbahagia sekali kedepan, bahwa inilah adik-adik kita persiapkan untuk menggantikan kita kedepan. Mereka punya kesungguhan hati, semangat dan karakter yang kuat untuk membantu manusia, karena ini salah satu jalannya lewat donor darah,” terangnya.

Tak hanya itu, PDDI Bali menyasar kaum milenial, dikarenakan kebutuhan darah sebagian besar berasal dari kaum generasi milenial. Mengingat, perjalanan anak muda masih panjang sebagai Trainer dan juga harus bekerja di pangsa pasar. Salah satu syaratnya adalah mereka harus sehat.

“Donor darah ini menjadi jembatan emas untuk mengatakan mereka sehat, makanya kami menyasar anak-anak muda, agar mereka tidak tergerus kehidupan negatif, dalam arti kehidupan seks bebas dan Narkotika serta kehidupan yang menyimpang,” terangnya.

Disebutkan donor darah sebagai filter yang kuat berupa kelembagaan yang kuat antara PDDI Bali, UTD RS dan PMI Provinsi Bali menjadi satu kekuatan utama, yang memfilter anak-anak muda supaya tidak tergerus oleh kehidupan-kehidupan parsial yang super merusak sendi-sendi kehidupan.

Bahkan, donor darah dianggap sebagai kekuatan besar berbudaya bangsa kedepan, agar masyarakat Indonesia semakin sehat.

“Anak muda supaya tahu bentuk utama pelayanan manusia itu melalui donor darah. Anak muda ini harus cerdas, sehat, berkarakter dan berbudaya sebagai pangsa pasar, mereka akan keluar negeri bekerja. Ini adalah identitas bangsa,” tambahnya.

Tak hanya itu, donor darah dijadikan budaya bangsa, yang sekarang diletakkan lentera donor darah itu kepada anak-anak muda.

Selain itu, disampaikan, bahwa anak-anak muda sebagai bagian integral yang akan menggantikan Indonesia kelak, menyambut tahun 2045 sebagai generasi emas.

“Hal ini, kita persiapkan dari sekarang, agar Indonesia bisa mandiri dan berkepribadian serta siap menerima segala tantangan hingga cobaan, terutama di pangsa pasaran menghadapi dunia global yang tertata pada generasi muda kita,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Ketut Pringgantara mengucapkan terima kasih kepada Fakultas MIPA Universitas Udayana, terutama Program Studi Informatika, yang pertama kali mengadakan acara donor darah.

“Hal ini adalah kebahagiaan kita bersama, karena ini program PDDI Go to Kampus telah berjalan dengan baik ,terutama generasi Z milenial ini kita sudah kerahkan,” kata Ketut Pringgantara.

Foto: Program Studi Informatika Fakultas MIPA Universitas Udayana dan PDDI Provinsi Bali menggelar donor darah, dalam memaknai kegiatan SUPREMASI XVII di Gedung Dekanat Fakultas MIPA Lantai III Universitas Udayana, Sabtu, 6 April 2024.

Sementara itu, Dekan Fakultas MIPA Universitas Udayana Prof. Dra. Ni Luh Watiniasih, M.Sc., Ph.D., sangat mengapresiasi program donor darah yang diselenggarakan oleh Program Studi Informatika FMIPA Unud, yang salah satu kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi adalah Pengabdian lewat donor darah.

“Ini adalah salah satu dari cara kami mengabdi kepada masyarakat dengan menyumbangkan darah dari anak-anak kami maupun staf kami untuk kesehatan masyarakat,” kata Luh Watiniasih.

Tak tanggung-tanggung, Luh Watiniasih mendukung penuh kegiatan positif ini dengan menggandeng PDDI Bali sebagai sebuah kerjasama yang bagus sekali.

“Kami sebenarnya mengembangkan sayap ke seluruh instansi, baik Pemerintah Daerah dalam maupun luar negeri untuk bisa bekerjasama dalam mengabdi demi kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Dengan didominasi generasi gen Z yang antusias turut serta kegiatan donor darah darah, Luh Watiniasih berharap, mereka diarahkan ke bagian yang lebih baik. “Hari ini dilaksanakan giat donor darah ini oleh generasi milenial ini,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kaprodi Informatika FMIPA Unud DR.Ir. I Ketut Gede Suhartana, S.Kom., M.Kom., IPM., ASEAN. Eng., menegaskan, pihaknya merasa terbantu melakukan kegiatan pengabdian masyarakatnya.

“Dalam mengadakan acara donor darah, kami gandeng PDDI Bali, PMI Provinsi Bali dan UTD RSUP Prof Ngoerah,” ungkapnya.

Bahkan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak, sehingga program acara aksi kemanusiaan ini terus berlanjut, pada tahun-tahun berikutnya.

“Kami juga berikan sumbangsih kepada adik-adik mahasiswa dan para dosen lewat donor darah. Mengingat, program ini baru perdana dilakukan oleh Program Studi Informatika,” tandasnya.

Patut diketahui, pihaknya dari Program Studi Informatika mengadakan Badan Keakraban (BK) dalam mempersiapkan Hari Ulang Tahun (HUT) yang jatuh pada 14 April 2024 sebagai sarana memperkuat keakraban dan rasa persaudaraan, yang bertujuan membantu masyarakat melalui kegiatan donor darah.

“Hal ini sebagai sejumlah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sehubungan HUT Program Studi Informatika FMIPA Unud, semoga berguna untuk masyarakat,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Panitia Supremasi XVII Pogram Studi Informatika FMIPA Universitas Udayana, Ngurah Kelvin Febryanta Lila Ananda, yang menyebutkan, bahwa pihaknya mengadakan kegiatan donor darah melibatkan 200 mahasiswa dan beberapa dosen civitas akademika FMIPA Universitas Udayana. Mengingat, kegiatan donor darah sebagai salah satu rangkaian HUT Prodi Informatika FMIPA Universitas Udayana yang jatuh pada 14 April 2024 mendatang.

“Program ini kami buat perdana. Untuk kedepannya, kita bakal melakukan lagi kegiatan yang sama. Kalo ini, juga kita dibungkus dengan Hemoglobin, dimana hal ini memeriahkan Ulang Tahun dari Prodi Informatika Universitas Udayana,” terangnya. (ace).

 

 

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button