JBM.co.id, Klungkung – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Pemkab Klungkung, I Ketut Suadnyana mengadakan peninjauan lapangan pada Kamis, (11/3/2021).

Adapun lokasi yang ditinjau antara lain, rest area yang berlokasi di Obyek Wisata Goa Jepang dan rest area pada Perbatasan Klungkung-Gianyar yang berlokasi di Desa Tusan.

Tujuan peninjauan ini untuk memastikan pemeliharaan asset di rest area ini dapat diupayakan dengan baik.

Turut mendampingi yaitu Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Klungkung I Made Jati Laksana dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung Anak Agung Gede Putra Wedana.

Dalam arahannya, Bupati Suwirta menyampaikan agar pemeliharaan asset ini dapat dilaksanakan dengan efektif maka tugas pemeliharaan akan diserahkan ke Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan mengingat ketersediaan SDM dinas tersebut lebih memadai.

Dari aspek pemanfaatan, rest area ini belum masuk sebagai objek wisata yang dikenakan retribusi, dengan demikian pemeliharaan terhadap asset ini menjadi pekerjaan gotong royong dinas-dinas terkait, misalnya Dinas Perhubungan untuk penerangan, PUPR untuk perencanaan dan teknis, sementara kebersihan dan keasrian tetap menjadi tugas DLHP.

Bupati Suwirta juga menyampaikan agar rest area yang berada di Kabupaten Klungkung dapat dirawat dengan baik, sehingga rest area dapat digunakan untuk beristirahat, melakukan dokumentasi selfie untuk dipakai kenang-kenangan.

“Setiap rupiah investasi di rest area tersebut harus dapat dipelihara dengan baik agar bermanfaat bagi masyarakat,”.

Lebih lanjut, Bupati Suwirta menyampaikan untuk mewujudkan hal tersebut, maka pertamanan di tempat ini harus ditata dengan baik dan tetap dijaga kebersihannya, dan infrastruktur yang ada di Rest area tetap dirawat dengan baik.

Bupati Suwirta meminta kepada Masyarakat Klungkung maupun Pengunjung agar sama-sama merawat dan mempunyai rasa memiliki pada rest area yang ada di Kabupaten Klungkung, hal senada juga diminta Bupati Suwirta kepada pengunjung yang sedang melakukan istirahat pada rest area yang dimiliki Kabupaten Klungkung.

Bupati Suwirta kedepannya akan melakukan pemasangan CCTV pada Rest area dengan tujuan untuk memantau adanya tangan-tangan jahil dan mengawasi penerangan yang terpasang pada daerah sekitar rest area.

Seusai meninjau Rest Area, Bupati Suwirta meninjau Infrastruktur dan sekaligus Persiapan panitia Upacara Tawur Agung Kesanga yang akan dilaksanakan di Perempatan Agung pada tanggal 13 maret 2021. (Tim/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here