Berita

TP PKK Berbagi di Hari Jadi

JBM.co.id, Gianyar – Memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK yang ke-49 Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Bersama Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Bali melaksanakan kunjungan sosial ke Kabupaten Gianyar, Selasa (9/3).

Dalam kunjungannya TP PKK provinsi Bali Bersama IBI Bali dan TP PKK Kab.Gianyar memberikan berbagai bantuan kepada Balita kurang Gizi, ibu hamil yang mengalami kekurangan energi kronik (KEK) dan lansia di halaman belakang kantor Bupati Gianyar.

Balita yang mengalami kurang gizi serta berasal dari keluarga miskin masing-masing menerima bantuan berupa 3 kaleng susu formula serta 25 KG beras dari TP PKK Prov Bali serta paket makanan tambahan dari TP PKK Kabupaten Gianyar.

Sedangkan untuk ibu hamil KEK menerima bantuan 25 KG beras dari TP PKK Provinsi Bali. Paket susu, jus buah, sayur dan susu UHT dari IBI Bali dan Paket biskuit dari TP PKK Kab Gianyar.

Pada kesempatan tersebut, TP PKK Kab Gianyar juga memberikan bantuan kursi roda dan paket sembako kepada seorang lansia asal Desa Singapadu, Ni Wayan Rasi. Serta 25 KG beras dari TP PKK Prov. Bali.

Ketua TP PKK Gianyar, Ny. Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra mengucapkan terima kasih kepada TP PKK Prov Bali atas kepercayaan dan dipilihnya Gianyar dalam kunjungan sosial serangkaian HKG PKK ke-49. Harapannya, dengan bantuan tersebut para ibu hamil dan balita dapat meningkatkan derajat kesehatannya.

“Harapan saya melalui bantuan ini menjadi rangsangan bagi ibu hamil dan ibu balita untuk senantiasa meningkatkan derajat pengetahuan dalam meningkatkan status kesehatan,” harap Ny. Surya AdnyaniMahayastra.

Dilanjutkannya, pelaksanaan HKG PKK di Kabupaten Gianyar merupakan upaya untuk selalu melaksanakan kegiatan yang berdampak terhadap meningkatnya kesejahteraan keluarga dan masyarakat sebagai upaya penanggulangan stunting.

Ny. Surya Adnyani Mahayastra juga memaparkan pencapaian kinerja TP PKK Kabupaten Gianyar dari tahun 2013 hingga 2019 yang mampu menurunkan angka stunting.

“Berdasarkan hasil riset kesehatan dasar (Riskesdes) tahun 2013 di Kabupaten Gianyar besaran balita stunting sebesar 40,99%.

Berkat kerja keras TP PKK dari tingkat kabupaten hingga desa membuahkan hasil positif. Tahun 2018 stunting di Kabupaten Gianyar turun menjadi 12,1% berdasarkan hasil Riskesdes tahun 2018.

Data dari Studi Status Gizi Balita di Indonesia tahun 2019 menunjukkan stunting di Gianyar menurun menjadi 6, 4%,” paparnya.

Ny. Putri Suastini Koster dalam sambutannya menyebutkan bahwa stunting dimulai dari keteledoran calon ibu yang kurang memahami tentang asupan gizi. Terlebih lagi dimasa pandemi sekarang ini, Ny. Putri Suastini Koster mewanti-wanti agar ibu hamil menjaga diri.

Untuk itu Ny. Putri Suastini Koster mengajak seluruh ibu hamil dan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan menggunakan masker serta menjaga jarak dan rajin mencuci tangan. (Tim/Jbm)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: