JBM.co.id, Klungkung – Pura Bukit Buluh yang terletak di Desa Gunaksa, kecamatan Dawan, kabupaten Klungkung ini, merupakan Pura pedharman bagi masyarakat Tutuan.

Walaupun, pembangunan dari pura ini belum rampung seratus persen, namun, taksu dari pura ini mulai terpancar. Demikian diungkapkan pengurus pura Bukit Buluh, I Ketut Budiarta.

Pura ini sempat terbakar pada bulan Agustus tahun 2012. Awalnya, api diketahui melalap dari meru tumpang lima, kemudian merembet ke pelinggih lainnya, sehingga semua pelinggih terbakar.

Kemudian pengempon pura sepakat untuk membangun kembali Pura Bukit Buluh, yang dimulai pada bulan oktober tahun 2012.
Seperti yang dituturkan oleh salah satu pengurus pura I Ketut Budiarta.

Dijelaskannya, pada bulan Agustus tahun 2012, pura sempat terbakar habis dan kesepakatan dari seluruh pengempon akan membangun lagi. Pembagunan pura ini dimulai pada bulan Oktober tahun 2012,”ungkap I Ketut Budiarta, yang juga menjabat sebagai perbekel desa Gunaksa.

Karena perkembangan dari meningkatnya jumlah pengempon pura dan juga areal pura yg dulunya dengan luas enam are tidak bisa lagi menampung dengan jumlah pemedek yang datang pada saat pujawali, akhirnya disepakati untuk memperluas area pura menjadi hampir 30 are dengan harapan bisa menampung semua pemedek yang ingin menghaturkan bakti pada saat puja wali.

Dana yang didapat untuk pembangunan pura, terbanyak di dapat dari iuran pengempon pura sendiri, disamping juga mendapat bantuan dana dari Provinsi dan Kabupaten Klungkung.

Akibat pandemi yang melanda, jadi pembangunan Pura Bukit Buluh ini menjadi tersendat.

Awalnya direncanakan menggelar Karya Ngenteg Linggih pada 28 April 2021, namun, karena masa pandemi masih berlangsung, maka ngenteg linggih di undur menjadi 17 Maret 2022. Diharapkan agar upacara yang akan diadakan tahun depan ini berjalan sesuai rencana” ungkapnya.

Terkait kebersihan pura,” imbuhnya, diperlukan kerjasama dari seluruh masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh paguyuban Werddha Lalita, yang melaksanakan kegiatan ngayah mareresik di Pura Bukit Buluh, pada hari Minggu 7 Maret 2021, diikuti oleh seluruh anggotanya dan dikoordinir oleh ketua Paguyuban Werddha Lalita, Ida Bagus Komang Arnaya. (Tim/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here