JBM.co.id, Tabanan – Dalam rangka Kesiapan Pengamanan Hari Raya Nyepi tahun baru Saka 1943 , yang akan jatuh pada hari Minggu tanggal 14 Maret 2021, Polres Tabanan menggelar Rapat koordinasi dengan mengundang Pejabat Instansi dan Lintas Sektoral, dalam rangka kesiapan pengamanan rangkaian Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1943.

Seijin Kapolres Tabanan rapat koordinasi yang berlangsung di Aula Wisnu Hartono Polres Tabanan tersebut dipimpin Wakapolres Tabanan Kompol I Ketut Gelgel, S.Sos, acara diikuti oleh sejumlah undangan diantaranya, Bupati Tabanan diwakili Sekda, Komandan Kodim 1619 Tabanan diwakili Dan Ramil Kediri, Kadis Perhubungan Kab. Tabanan, Kepala SAT POL PP Kab.Tabanan, Ketua FKUB Kab.Tabanan, Perwakilan MUI Kab.Tabanan, Perwakilan PHDI Kab.Tabanan, Ketua Majelis Adat Madya, Kabupaten Tabanan, bersama Para Ketua Majelis Alit, Ketua Muhamadyah, Tabanan, Ketua Paroki Tabanan, Ketua MPAG Tabanan, Ketua GPDI Tabanan, Ketua Gereja Immaculata, Tabanan, Perwakilan Umat Budha Tabanan

Dalam pembukaan Rakor tersebut Waka Polres menyampaikan bahwa serangkaian pelaksanaan Hari Raya Nyepi tahun 2021, dimohon kepada semua pihak mempedomani surat edaran dan himbauan dari PHDI maupun dari MDA, sedangkan untuk komponen pemerintah Daerah Tabanan supaya mengawasi, dan melaksanakan pengamanan menurunkan Sat Pol PP, Dishub, sedangkan dari masing-masing Bendesa adat supaya menurunkan Pecalang dalam pengamanannya, untuk kegiatan ritual keagamaan seperti kegiatan melasti supaya menyesuaikan dengan situasi saat ini di masa Pandemi Covid 19, karena kita ketahui sesuai surat edaran dari PHDI maupun dari MDA ada pembatasan dan tanpa kecuali semua warga taat dan disiplin protokol kesehatan, untuk mencegah terjadinya penyebaran cluster hari raya Nyepi, kata Waka Polres Tabanan.

Setelah Waka Polres menyampaikan sambutan sebagai kata pembuka, acara selanjutnya Paparan tentang rencana Pengamanan Hari Raya Nyepi yang disampaikan oleh Kabag Ops Res Tabanan Kompol I Nengah Sidiarta, S, Sos, pada intinya menyampaikan dalam kegiatan Pengamanan hari raya Nyepi tahun baru Saka 1943 tahun 2021 Polres Tabanan bersinergi dengan TNI Kodim 1619 Tabanan, untuk di masing-masing wilayah kecamatan pengamanan dilaksanakan anggota Polsek bersinergi Anggota Koramil dan Pam Swakarsa ( Pecalang ) selaku Kapamwil ( Kepala pengamanan wilayah Kecamatan ) adalah Kapolsek setempat,

Sedangkan Sekda Pemda Kabupaten Tabanan Dr I Gede Susila, menyampaikan bahwa Pertemuaan seperti ini sangat penting kita lakukan supaya kita semua tahu bagaimana kondisi perkembangan Covid-19 sekarang ini, Kita ingin supaya Nyepi tahun 2021 dapat berjalan seperti biasa, namun karena saat ini kondisinya pandemi Covid 19 dan Kab. Tabanan masih dalam di Zona merah, PPKM skala Mikro, Tentu ini menjadi acuan Pemerintah Tabanan melarang membuat kegiatan yang melibatkan orang banyak.

Kegiatan ritual yang berkaitan dengan Nyepi silakan dilakukan dilaksanakan dengan pembatasan tertentu, selalu taat dan disiplin menerapkan Prokes Kesehatan, sedangkan petugas MDA bersinergi dengan instansi – instansi terkait untuk melakukan pemantauan / pengawasan guna mencegah terjadinya kerumunan.

Saya tidak memvonis dalam Upacara Adat tidak taat melaksanakan Prokes Covid-19, hanya menekankan kepada semua pihak untuk tidak diterjemahkan lagi surat edaran dari PHDI dan jangan berpikir yang aneh – aneh, ini saya lakukan untuk menyelamatkan masyarakat dan saudara – saudara saya yang ada di Kabupaten Tabanan, tegas Sekda Tabanan, Lanjut untuk himbauan yang dikeluarkan MDA Prov. Bali, tidak boleh mengarak Ogoh – ogoh jangan sekali – sekali ini dilanggar.

Kemudian yang perlu kita awasi juga adanya Petasan, tidak boleh membunyikan petasan apapun sejenisnya. Mari kita bersama – sama untuk bergotong royong untuk mentaati protokol kesehatan, supaya Pandemi ini cepat berakhir, Pariwisata bergeliat ekonomi bangkit. kata Sekda Pemda Kabupaten Tabanan. (Tim/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here