JBM.co.id, Jakarta – Pengamat Politik P3S Jerry Massie berpandangan penetapan tersebut cukup kontroversial lantaran awalnya Moeldoko mengelak saat dikaitkan dengan Ketum KLB Partai Demokrat.

“Saya nilai akan diakomodir oleh Kemenkum HAM saya percaya dan yakin mereka akan melegalkan KLB Sumut. Ini alasannya ini akan mendukung dan bergabung dengan pemerintahan saat ini.” ujar Jerry.

Berkaca dari beberapa kudeta yang disahkan KemenkumHAM. Jadi ini tinggal hati nurani yang bicara mana yang legal dan ilegal. Tetapi dualisme dan isu KLB.

“Memang saya sudah baca dari tahun 2019 dimana salah satu pendiri Ventje Rumangkang masih hidup. Jadi ini bom waktu yang meledak apalagi tujuh kader inti yang dipecat.” Tutur Jerry.

“Memang saya nilai Moeldoko terlalu frontal dan juga Moeldoko lupa jasa Presiden SBY memberikan kepercayaan sebagai Panglima TNI saat menjabat. Tapi dalam politik tak berlaku ada idiom “Dalam politik tak ada kawan yang abadi”. Jelas Jerry

Pengamat Politik P3S tersebut melihat Jokowi hanya membiarkan tanpa menegur Kepala KSP-nya tersebut. Setidaknya Pak Jokowi tahu tapi hanya diam membisu.

“Ini memang berdampak di pemerintahan kredilitas pemerintahanya akan dipertanyakan. Sebagai atasan tak masalah menegur Moeldoko.” Ujar Jerry.

Jery beranggapan hal tersebut bisa menggangu persiapan Demokrat pada Pilpres dan Pileg 2024.

“Tapi ini resiko. Penyakitnya agak kronis. Memang para senior dan pendiri yang tak puas dengan kepemimpinan AHY dan juga faktor komunikasi politik yang tak dibangun.” tutur Jerry

“Dan ini sudah terang-benderang yang mana PD dibawah bendera KLB Sumut akan bergabung dengan koalisi Jokowi.” Tegas Jerry.

Jerry beranggapan bagian tersebut dapat menggagalkan juga AHY sebagai nyapres.

“Tapi sebetulnya ini bukan otak Moeldoko ada oknum-oknum mantan politisi Demokrat yang bermain dalam lipatan.” duga Jerry.

Menurut Jerry, ada upaya menjegal Demokrat di perhelatan Pilpres 2024. Dan juga Moeldoko berhasrat maju Pilpres.

“Jadi sudah menyadari perlu adanya partai pengusung Maka short cut atau jalan pintas perlu dilakukan untuk mengejar kekuasaan.” pungkas Jerry. (Tim/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here