Berita

Jelang Peluncuran Jet Tempur KFX, Terungkap Beberapa Detail Sensor Dan Perangkat Navigasi

JBM.co.id – Jelang peluncuran jet tempur KFX pada April mendatang, sejumlah foto terbaru yang memperlihatkan KFX kembali beredar, dan kali ini nampak lebih detail yang memperlihatkan beberapa perangkat yang ‘ditanam’ pada jet tempur masa depan Korea Selatan tersebut. Beberapa perangkat yang teridentifikasi adalah IFF Bird Slicer, kanon laras putar Gatling Gun, Lite Head Up Display (HUD) dan Joint Helmet Mounted Cueing System (JHMCS) II.

Dikutip dari secretprojects.co.uk yang merilis foto-foto dari Yonhapnews, terlihat inspeksi yang dilakukan jelang peluncuran KFX di fasilitas Korea Aerospance Industrie di Sacheon. Seperti untuk IFF Bird Slicer ternyata yang digunakan adalah jenis AN/APX-126. IFF Bird Slicer yaitu antena IFF (Identification Friend or Foe) dalam wujud empat sirip kecil yang disematkan di bagian depan kokpit.

Antena model conformal produksi Northrop Grumman ini punya jangkauan deteksi lebih dari 100 nautical mile (185 km) dengan tingkat akurasi kurang dari 152 meter.

Masih dalam foto yang sama, nampak laras kanon Vulcan M61A2 pada sisi kanan fuselage. Kanon produksi Lockheed Martin ini dapat memuntahkan 4.000 hingga 6.000 proyektil dalam satu menit. Untuk kecepatan tembak dapat di-setting, agar tidak terlalu boros dapat diatur menjadi 4.000 sampai 6.000 proyektil per menitnya.

Kecepatan luncur proyektil mencapai 1.036 meter per detik, sementara untuk jarang tembak efektifnya 2.000 meter.

Kemudian JHMCS II, yang memungkinkan pilot menembak kemanapun mata mereka tertuju, tidak peduli ke arah mana helm itu menghadap. (Tim/Jbm)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: