JBM.co.id – Di masa pademi yang melanda dunia selama setahun belakangan ini, membuat semua sektor terpuruk. Tidak terkecuali di dunia usaha khususnya para pengerajin endek. Kain endek ini sempat viral di media sosial dan menjadi perbincangan yang hangat oleh netizen di Bali. Akan kah kain endek ini meroket kembali seperti beritanya yang viral beberapa waktu yang lalu.

Dengan dikeluarkannya himbauan NO 4 Gubernur Bali Tahun 2021 tentang penggunaan kain tenun endek Bali /kain tenun tradisional Bali, para pengerajin kain endek seperti mendapat angin segar untuk berkarya kembali.
Seperti yang di ungkapkan oleh pengerajin I Wayan Widiarta.

“setelah di keluarkannya himbauan ini para pengerajin mulai lagi berproduksi, walaupun pesanan tidak seperti dulu selain itu kain tradisional ini akan tetap bertahan ”

Selama masa pademi ini para pengerajin endek tidak pernah diam dan selalu berinofasi dengan membuat motif dan warna baru, sehingga mereka bisa bertahan.

” sebagai pengerajin kami tidak pernah diam dan selalu berinopasi agar bisa bertahan di masa pademi seperti ini”

Pengusaha dan pengerajin endek merasa bersyukur mendapatkan perhatian dari Pemerintah Provinsi Balu maupun dari Pemerintah Kabupaten Klungkung.

 

“saya sebagai pengerajin sangat bersyukur mendapat perhatian dari pemerintah Provinsi maupun Kabupaten Klungkung sehingga produk kain lokal bali seperti endek tetap lestari dan bisa menjadi kain khas Bali”

Para pengerajin pun berharap agar perekonomian Bali kembali seperti dulu, dan prodak prodak lain pun bisa mendapat perhatian yang lebih dari pemerintah sehingga roda prekonomian Bali kembali berputar. (Tim/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here