JBM.co.id, Karangasem – Berdasarkan STR Kapolri Nomor: ST/396/II/HUK.7.1./2021 tanggal 25 Pebruari 2021 tentang Meningkatkan Sinergitas Polri-TNI dan memperketat proses pinjam pakai senpi dinas.

Perintah Lisan Kapolres Karangasem hari Kamis 25 Pebruari 2021 untuk mengecek dan melaksanakan Gaktibplin Riksa Senpi inventaris dinas yang dipinjam pakai oleh personil dan Senpi Dinas Organik Penjagaan Polres maupun Polsek.

ST Kapolres Karangasem Nomor: ST/57/III/HUK.12.10./2021 tanggal 2 Maret 2021 tentang perintah melaksanakan Gaktibplin sasaran Riksa Senpi Dinas baik Senpi Genggam Dinas Perorangan dan Senpi Dinas Organik Polsek.

Menindaklanjuti ST tersebut, Kasipropam Polres Karangasem IPTU I Nyoman Surantika, S.H bersama Anggota Propam melaksanakan giat Gaktibplin Riksa Senpi inventaris dinas yang dipinjam pakai oleh personil dan Senpi Dinas Organik Penjagaan Polres Karangasem maupun Polsek Jajaran.

Giat tersebut dilaksanakan 2 kali dalam sepekan ini, yaitu pada hari Kamis, 1 Maret 2021, bertempat di penjagaan Mako Polres Karangasem, giat Gaktibplin Riksa Senpi Dinas Organik Sat Sabhara Polres Karangasem dipimpin langsung oleh Kasipropam Polres Karangasem IPTU I Nyoman Surantika, S.H bersama 2 anggota Propam.

Dan pada hari Kamis, 4 Maret 2021, bertempat di aula Wira Satya Polres Karangasem, giat Gaktibplin Riksa Senpi Dinas Organik Polsek Jajaran Polres Karangasem dan Senpi inventaris dinas yang dipinjam pakai kepada personil Polres Karangasem dan Polsek Jajaran, dipimpin Kasipropam IPTU I Nyoman Surantika, S.H bersama 4 Pers Propam yang diawasi langsung oleh Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini, S.I.K.,M.M.Tr.

Dalam giat tersebut, Kasipropam IPTU I Nyoman Surantika, S.H. memberikan beberapa arahan dan penekanan diantaranya adalah menyampaikan Perkap No. 8 Tahun 2009 Tentang Implementasi Prinsip dan Standar HAM dalam Penyelenggaraan Tugas Kepolisian Negara Republik Indonesia, menyampaikan Perkap No. 1 tahun 2009 pasal 5. Tentang Penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian, “Senpi dinas wajib dipelihara dengan baik dan dijaga kebersihannya, simpan senpi di tempat yang aman yang tidak ada satupun yang mengetahui dimana senpi tersebut tersimpan, apabila kartu ijin senpi habis masa berlaku agar segera mengikuti test psikologi dan menitip senpi tersebut ke bagian logistik, tidak ada anggota yang menyalahgunakan senpi dinas, penggunaan senpi wajib menggunakan kopel/ sarung senpi dan tidak diperkenankan disimpan atau ditaruh didalam tas”, tegasnya.

Di tempat yang sama, Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini, S.I.K.,M.M.Tr. menyampaikan “agar anggota yang memegang senpi dinas wajib mematuhi perkap yang ada, jangan sampai ada anggota yang menyalahgunakan senpi dinas”. Singkatnya.

Selama pelaksanaan giat, situasi berjalan dengan aman dan lancar, nihil ditemukan pelanggaran terhadap personil yang memegang senpi dinas. (Tim/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here