JBM.co.id, Karangasem – Tim Resmob Tohlangkir Sat Reskrim Polres Karangasem yang dipimpin oleh Kanit I Reskrim, IPDA Annas Yoga Wicaksana, S.Tr.K. telah melakukan pengungkapan dugaan Tindak Pidana Pemalsuan Dokumen berupa Surat Keterangan (Suket) hasil test Pcr Sars Cov-2, atas perintah Kasat Reskrim Polres Karangasem IPTU Aries Setiyanto, S.I.K, Selasa (2/3/21).

Pelaku pemalsuan Suket tersebut merupakan 2 orang WNA berinisial OM, perempuan (25), Kewarganegaraan Ukraina dan MA, laki-laki (42) kewarganegaraan Russia. Ditemukan saat hendak masuk Bali melalui Pelabuhan Padang Bai, Desa Padang Bai, Kecamatan Manggis.

Menurut saksi I Gde Panca Wedana (43) dan Dedek Oktaviana (34) yang merupakan petugas kesehatan di Pelabuhan Padang Bai, menemukan terduga pelaku membawa masing-masing satu lembar surat keterangan hasil Pcr Sars Cov-2 atas nama terduga pelaku.

“Saat dilakukan pengecekan ditemukan beberapa kejanggalan, seperti waktu penerbitan Suket dan nomor registrasi Suket tersebut, lalu kami berkordinasi dengan pihak Kepolisian di Padang Bai”, terang saksi.

Selanjutnya Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Karangasem melakukan klarifikasi terhadap saksi-saksi serta terduga pelaku dan didapat keterangan bahwa Suket tersebut didapat oleh seseorang bernama Steve di Lombok pada saat akan pergi ke Bali. Setelah dilakukan kordinasi dengan pihak RS Siloam Canggu-Badung melalui sambungan telepon, pihak RS Siloam Canggu tidak pernah mengeluarkan hasil tes Pcr Sars Cov-2 sesuai yang dibawa oleh terduga pelaku.

Akhirnya kedua WNA beserta bukti surat keterangan yang diduga palsu dibawa ke Polres Karangasem untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut serta berkordinasi dengan Kedutaan Ukraina dan Russia. (Tim/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here