JBM.co.id, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang mendalami dugaan adanya tindak pidana korupsi di Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak, Kementerian Keuangan.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata kepada wartawan di Gedung KPK , kawasan Kuningan Jakarta pada Selasa (2/3) mengatakan, nilai uang dalam dugaan perkara ini mencapai puluhan milyar rupiah.

“Nilai suapnya besar juga, puluhan miliar juga. Tidak salah itu juga melibatkan tim pemeriksa,” kata Alexander Marwata

Ketika ditanya wartawan pihak-pihak mana yang diduga terlibat dalam perkara ini, Alexander Marwata enggan membeberkan, karena menurutnya perkara ini masih dalam proses penyidikan.

“Sedang didalami. Saya tidak bisa menyampaikan sekarang, supaya teman-teman penyidik dalam bekerja tidak merasa terhalangi dengan info tersebut,” ujarnya.

Alexander Marwata mengungkapkan, dugaan tindak pidana korupsi dalam perkara ini, terkait pemeriksaan pajak di sejumlah perusahaan.

Modusnya, kata dia, pemeriksaan pajak, bagaimana caranya supaya rendah, dan disertai imbal balik.

“Ketika menyangkut perpajakan, itu ada kepentingan PT dengan pejabat pajak. Kalau mau pajak rendah, ada upahnya kan gitu, tentu semuanya itu melanggar ketentuan peraturan di bidang perpajakan,” terangnya.

Guna mendalami dugaan perkara ini, sebut dia, penyidik KPK telah melakukan penggeledahan di lingkungan Ditjen Kemenkeu, dan sudah melakukan koordinasi dengan Inspektorat Jenderal untuk bersinergi dalam mengungkap kasus ini. (Jbm/Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here