Jbm.co.id, Tabanan – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Denpasar bekerjasama dengan Pokmas Kelompok Ikan Sari Nadi Subak Baru mengadakan bimbingan budidaya ikan air tawar kepada klien Pemasyarakatan di Balai Subak Baru, Desa Baru Kecamatan Marga Tabanan, Jumat (26/02/21)

Bimbingan Kemandirian budidaya ikan air tawar ini diikuti 20 peserta dari Klien Pemasyarakatan Bapas Kelas I Denpasar, yang bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada klien agar bisa membantu ekonomi keluarga di masa pendemi Covid-19 ini.

 

“Kegiatan bimbingan kemandirian budidaya ikan air tawar ini diawali dengan pemberian materi cara budidaya ikan air tawar oleh Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan” jelas Kabapas Ni Luh Putu Andiyani.

Baca Juga :  Pengadaan Logistik Pilkada 2020, KPU Lampung Gelar Rapat Persiapan

“Bimbingan ini kami berikan agar klien punya keterampilan di masyarakat untuk menambah perekonomian keluarga di masa pandemi.” jelasnya

Kabapas Kelas I Denpsar, Ni Luh Putu Andiyani juga menambahkan jumlah klien yang mendapat bimbingan saat ini berjumlah 1.105 orang dan Pada tahun ini ada tiga kegiatan bimbingan kemandirian untuk klien; Bimbingan Budidaya Ikan Air Tawar, Bimbingan Membuat Kue dan Bimbingan membuat kerajinan dari koran bekas.

Ditambahkan, selama masa pandemi ini kebanyakan bimbingan kepada klien Pemasyarakatan dilakukan lewat zoom dan video call, tambahnya

Baca Juga :  Wakapolres Putu Utari Sambangi Poskodu  Tangguh Covid-19

Hal yang sama juga dikatakan ketua Pokmas kelompok ikan Sari Nadi Subak Baru yang juga Bendesa Adat Baru I Wayan Suardana, sangat mendukung adanya bimbingan budidaya ikan air tawar ini, agar kedepan para klien Bapas denpasar punya keterampilan setelah kembali ke masyarakat.

“saya hanya bisa mensuport kegiatan dan memberikan fasilitas dan berharap kedepannya bisa melakukan kerjasama dalam hal apapun bentuknya.” harapnya.

Dalam acara Bimbingan itu perwakilan dari Dinas Perikanan I Gusti Aryadi putra memberikan pemaparan dan materi cara budidaya ikan air tawar agar menghasilkan dan sangat mendukung bimbingan ini untuk pembekalan kepada klien sebagai dasar usaha dimasa pandemi ini.

Baca Juga :  Wakil Bupati Lampung Barat Mad Hasnurin Serahkan Bantuan Seragam SMP Gratis

Sementara itu salah satu Klien Bapas Denpasar, Ngurah Gede widyana Putra sangat berterimakasih dengan adanya bimbingan kemandirian budidaya ikan air tawar.

“Saya Sangat berterimakasih, Dengan adanya bimbingan kemandirian budidaya ikan air tawar ini, mudah-mudahan kedepannya kami bisa mengembangkan budidaya ikan air tawar ini.” ujar Ngurah Gede Widyana Putra. (Red/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here