JBM.co.id, Jakarta – Momentum Hari Pers Nasional, 9 Februari 2021 harus menjadi momentum bagi insan pers untuk meningkatkan profesionalisme, memiliki jiwa nasionalisme dan idealisme, untuk bersama-sama membangun bangsa ini.

Ketua Umum Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Dr. Suriyanto PD, SH, MH, M.Kn, menyampaikan hal ini, dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional, 9 Februari 2021.

“Melalui momentum Hari Pers Nasional ini, saya mengajak seluruh wartawan maupun perusahaan pers nasional, khususnya yang tergabung di PWRI, untuk meningkatkan profesionalisme, memperkuat jiwa nasionalisme dan idealisme, untuk bersama-sama membangun bangsa ini ke depan,” kata Suriyanto di Jakarta, Selasa 9 Februari 2021, siang.

Baca Juga :  Wabup Yudi Sumbogo, Ingatkan Jangan Sampai Kasus Malang Terjadi Di Pacitan

SDM pers, kata Suriyanto, bukan hanya pada industrinya saja, namun sangat tergantung pada kualitas insan persnya sendiri.

“ Dunia pers, sangat dinamis, dan mengalami tantangan dari waktu ke waktu, apalagi di tengah era digitalisasi yang berkembang sangat pesat. Untuk itu penguatan SDM di bidang pers, harus terus dilakukan, khususnya anggota PWRI,” ujarnya.

Ketum PWRI juga mengungkapkan, sebagai ruang publik yang dapat melakukan kontrol, tentunya pers memiliki peran yang sangat strategis untuk dapat menyuarakan berbagai hal yang sesuai dengan kaidah jurnalistik agar dapat menjadi koreksi dan informasi dini kepada para pemangku kebijakan.

Baca Juga :  Desak Bareskrim Tangkap Tommy Suhardi Pembuat Red Notice Djoko Tjandra, FIB Demo Mabes Polri

Selain itu, kata Doktor Ilmu Hukum ini, pers juga menjadi sarana edukasi kepada masyarakat luas agar kiranya dapat mengetahui, memahami melalui pemberitaan yang benar dan berimbang.

Selain itu, peran serta pers di masa pandemi ini juga menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam penanganan COVID-19 yang tengah dilakukan dengan sekuat tenaga oleh pemerintah.

“ Kita harus bersama-sama membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat terkait penanganan Covid-19. Peran pers sangat penting, dalam memberangus berita-berita hoax yang meresahkan masyarakat, terkait penanganan Covid-19,” tuturnya.

Baca Juga :  Ketua DPC PDIP Pacitan: Pilbup Ibarat Sate Dengan Soto. Harus Lebih Sabar

“ Untuk itu, bersama kita berikan yang terbaik kepada seluruh masyarakat agar dapat teredukasi, termotivasi agar semakin optimis dan tegar dalam menghadapi pandemi ini, tentunya dengan disiplin serta menjalankan protokol kesehatan dalam setiap aktifitas kita, dan selalu menjaga kesehatan agar dapat terhindar dari COVID-19,” pungkasnya. (Red/Jbm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here