Merapi Kembali Bergolak, Luncurkan Awan Panas Sejauh 1,8 Km

1 min read
Spread the love

JBM.co.id, Yogyakarta – Gunung Merapi, yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, kembali bergolak dan meluncurkan awan panas, dengan tinggi kolom 500 meter, pada Selasa 19 Januari 2021, dini hari. Awan panas meluncur ke arah barat daya atau hulu kali Krasak sejauh 1,8 km.

Menurut Hanik Humaida, Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi ( BPPTKG) ), awan panas guguran yang terekam di seismogram pada pukul 02.27 wib, memiliki durasi 209 detik dengan amplitudo maksimum 60 mm.

Baca Juga :  Sigap, PMK Korem 091/ASN Bantu Padamkan Kebakaran Di Jelawat

”Jarak luncur kurang lebih 1.800 meter ke arah barat daya (kali Krasak – kali Boyong). Teramati tinggi kolom 500 meter di atas puncak. Angin bertiup ke timur,” kata Hanik, dikutip strateginews.co, dari Antara.

Selain itu, BPPTKG juga mencatat 30 kali guguran material dengan jarak luncur maksimum 300-900 mengarah ke barat daya.

Baca Juga :  Bareskrim Polri Tangkap Tersangka Penipuan Online Rugikan Korban 17 M

BPPTKG juga merekam satu kali gempa awan panas guguran dengan amplitudo 60 mm dan durasi 209 detik, 31 kali gempa guguran dengan amplitudo 4-46 mm dan durasi 24-103 detik.

Berdasarkan pengamatan visual, asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang dan tinggi 50 meter di atas puncak kawah Gunung Merapi.

Baca Juga :  Kotak Hitam FDR Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan

BMKG menyimpulkan, bahwa aktifitas vulkanik Gunung Merapi, masih cukup tinggi dan mempertahankan status Gunung Merapi pada level III atau siaga. (Red/Jbm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | W2B by JBM.CO.ID.