KARANGASEM, WWW.JBM.CO.ID- Kepala Kesehatan Kodam IX/Udayana Kolonel Ckm dr. I Made Mardika, Sp. PD., MARS., melakukan peninjauan kesiapan Posko Kesehatan dari gabungan TNI, Polri, Dinas Kesehatan Provinsi Bali dan Instansi terkait lainnya dalam melaksanakan tugas Penegakkan Protokol Kesehatan Covid-19 di Pelabuhan Padangbai Karangasem, pada Senin (21/12/2020).

Hal tersebut dilakukan untuk menindak lanjuti perintah Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., guna mengetahui langsung kesiapan dan pelayanan Posko Kesehatan khususnya dari Kesehatan Kodam IX/Udayana dalam menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19.

“Saya menghimbau masyarakat yang akan memasuki Bali melalui jalur darat untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan dalam bertransportasi terlebih pada saat menjelang perayaan Natal 2020 dan pergantian Tahun 2021,” kata Kakesdam.

Baca Juga :  Perkuat Sinergi Dalam Penegakan Disiplin Personel TNI-Polri, Kadiv Propam Polri Sambangi Danpuspom AD

Lebih lanjut Kakesdam sangat mengapresiasi petugas kesehatan gabungan yang ada di Posko tersebut dalam menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, terutama saat memberikan pelayanan kesehatan dan sosialisasi penerapan 3M yang terus dilakukan secara konsisten dan disiplin.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi Bali telah mengeluarkan Surat Edaran nomor 2021 Tahun 2020, tentang Penegakan Protokol Kesehatan untuk mengantisipasi liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, bagi Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang masuk dan keluar Provinsi Bali.

Baca Juga :  Pangdam III/Siliwangi Bersama Gubernur dan Forkopimda Jabar Gelar Rakor

PPDN yang masuk melalui jalur udara harus dapat menunjukkan hasil pemeriksaan Swab PCR negatif, sedangkan Jalur darat menunjukkan hasil Rapid Tes Antigen negatif. Tes Rapid Antigen digratiskan khusus sopir dan kondektur kendaraan yang membawa atau memuat logistik ke Bali melalui jalur darat.

“Pemerintah Provinsi Bali melalui Satgas Covid-19 menghimbau dalam melaksanakan libur Natal dan Tahun Baru ini, agar tetap menjaga Protokol Kesehatan dengan kampanye 3M dan pengawasan ketat yang dilaksanakan oleh semua pihak, sehingga masa liburan dapat dinikmati masyarakat,” tutup Kakesdam.

Baca Juga :  Kodim 0624/Kab Bandung Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi PPKM Tahap-2.

Kegiatan peninjauan yang tetap menerapkan Protokol Kesehatan tersebut diakhiri dengan foto bersama dan dihadiri juga oleh GM ASDP Pelabuhan Padangbai Bapak Junaedi, Kapolsek Padangbai Kompol I Wayan Berata, Danpos AL Letda Laut (P) I Ketut Yasa dan kepala KKP Putu Suardyana. (Red/Tim/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here