Wisma Atlet Pacitan Terancam Overload. GTPP Bakal Sediakan Selter Alternatif

2 min read
Spread the love

Pacitan,jbm.id- Meski terjadi lonjakan kasus covid-19 confirm di Pacitan, namun gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) Covid-19 Pemkab Pacitan, memastikan masih adanya ruang isolasi di wisma atlet bagi para pasien.

Juru bicara tim komunikasi publik GTPP Covid-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto, menegaskan, kapasitas di wisma atlet kurang lebih sebanyak 70’an tempat tidur. Sedangkan saat ini, ada 59 pasien yang masih menjalani perawatan maupun pemantauan di sana. “Kasus Covid-19 Confirm memang sempat terjadi lonjakan. Akan tetapi kesembuhan juga relatif tinggi,” kata Rachmad, Selasa (15/12).

Baca Juga :  Kasus Covid-19 Confirm Di Pacitan Kembali Bertambah Lima. Sembuh Juga Bertambah Enam Orang

Lantas bagaimana kalau seandainya terjadi ledakan kasus covid-19 sampai dipenghujung tahun nanti? Rachmad menegaskan, sebagaimana ketentuan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) yang baru, bagi pasien covid-19 confirm yang berasal dari orang tanpa gejala (OTG) diperbolehkan melakukan isolasi mandiri di rumah, sepanjang persyaratan terpenuhi.

“Ada syarat khusus bagi pasien covid-19 confirm dari OTG yang melakukan isolasi mandiri. Utamanya protokol kesehatan harus dilakukan secara disiplin. Baik terhadap pasien maupun anggota keluarganya,” jelas pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pacitan ini.

Baca Juga :  Andi Surya Temu Relawan Nusantara Bersatu Metro Bahas Program Pemberdayaan Pro-Rakyat

Selain itu, lanjut Rachmad, satuan tugas berkewajiban menyediakan selter alternatif. Dimana untuk wacana awal, ada dua lokasi yang akan digunakan sebagai lokasi karantina.

Diakuinya, untuk gedung lama Dinas PUPR yang saat ini dijadikan posko BPBD, masih menuai pro kontra, kalau seandainya dijadikan lokasi karantina bagi pasien covid-19 confirm. “Alternatif kedua ada di gedung pemuda, bersebelahan dengan wisma atlet, meski harus dikaji dulu kelayakannya.

Baca Juga :  Yuwin: Saatnya Pacitan Dipimpin Bupati Perempuan

Atau juga ada wacana untuk menambah jumlah hunian kamar. Yang semula satu kamar untuk dua orang, bisa ditambah menjadi tiga orang. Namun sekali lagi, satuan tugas tetap akan menyediakan selter alternatif,” tandasnya. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | W2B by JBM.CO.ID.