GTPP Pemkab Pacitan, Lakukan Langkah Inisiasi Isolasi Mandiri Guna Menghapus Stigma Negatif Pasien Covid-19 Confirm

2 min read
Spread the love

Pacitan,jbm.id- Penanggungjawab wisma atlet Pacitan, sebagai lokasi karantina pasien positif covid-19, dr Johan Tri Putranto, pastikan sampai detik ini kapasitas kamar dan tempat tidur masih sangat longgar untuk menampung pasien terkonfirmasi.

Dia mengatakan, dari 70 kapasitas tempat tidur, sampai hari ini baru terisi 59 pasien. Itupun para pasien dipisahkan sesuai klaster sebaran, jenis kelamin dan hubungan keluarga. “Ada juga satu kamar yang diisi empat pasien. Mereka adalah satu keluarga. Bapak, ibu dan putra-putrinya. Malah ada satu kamar besar yang diisi lima sampai enam orang. Namun sekali lagi, mereka masih muhrimnya,” kata dokter umum yang juga menjabat sebagai Kepala UPT Puskesmas Gondosari Kecamatan Punung, Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, Selasa (15/12).

Baca Juga :  Desa Kembang Pacitan, Bakal Terpilih Sebagai Kawasan Penataan Kampung Nelayan Se- Provinsi Jatim

Lain itu, pria yang juga sebagai Sekretaris Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Pacitan ini menegaskan, GTPP juga melakukan langkah inisiasi tehadap pasien yang melaksanakan isolasi mandiri di kediamannya.

Hanya saja, persoalan ini harus terpenuhi syarat khusus. Misalnya ketersediaan makanan, kamar dan tempat tidur, jamban yang memadai serta lokasi untuk berjemur. “Selain itu juga kemudahan petugas dari puskesmas untuk melakukan visitasi, juga pengawasan dari forkompinca dan aparat pemerintah desa,” jelasnya.

Baca Juga :  Presiden: Siapkan Regulasi Investasi ‘Data Center’ yang Ingin Masuk Indonesia

Upaya isoalasi mandiri ini, lanjut Johan, sebagai langkah untuk menghapus stigma masyarakat terhadap pasien positif covid-19. “Jauhi penyakitnya, namun jangan jauhi orangnya. Stigma ini diakui masih sangat melekat di masyarakat. Karena itu, dengan langkah inisiasi untuk melakukan isoalasi mandiri akan bisa merubah stigma negatif bagi masyarakat,” tandasnya. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | W2B by JBM.CO.ID.