Bawaslu Pacitan Tak Berwenang Sampaikan Hasil Penghitungan Suara Pilbup. Aji-Gagarin Dipastikan Bakal Dilantik Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pacitan

2 min read
Spread the love

Pacitan,jbm.id- Pasangan Indrata Nur Bayuaji-Gagarin hampir bisa dipastikan bakal melenggang menuju kursi AE 1 (sebutan untuk Bupati Pacitan, Red) dan kursi AE 2 (Wakil Bupati Pacitan). Pasalnya, pasangan calon yang diusung Partai Demokrat dan Golkar serta 11 gabungan parpol koalisi tersebut, berhasil meraup suara cukup signifikan dalam perhelatan Pilbup serentak 9 Desember lalu.

Informasi awal yang diterima awak media, pasangan calon nomor urut satu tersebut, berhasil meraih suara sebanyak 226.741 atau setara 74,88 persen. Sedangkan pasangan calon Yudi Sumbogo dan Isyah Anshori, meraup suara sebanyak 76.077 atau setara 25,22 persen. Tentu saja, Indrata Nur Bayuaji-Gagarin, bakal memenangi Pilbup dan bersiap untuk dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Pacitan, April 2021 mendatang.

Baca Juga :  Pacitan Kembali Ke Zona Kuning Sebaran Covid-19

Sebagaimana informasi yang diterima media, Selasa (15/12) besok, KPU akan menyelenggarakan pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat kabupaten.

Kordiv Hukum Data, Informasi dan Hubungan Antar Masyarakat, Bawaslu Pacitan, Agus Hariyanto, mengatakan, pihaknya tidak berkompeten untuk memberikan pernyataan seputar perolehan suara masing-masing pasangan calon. Itu lebih pada kewenangan KPU. “Kami hanya menerima tahapan, kalau Selasa (15/12) besok, KPU akan menggelar pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten,” katanya, Selasa (15/12).

Baca Juga :  Empat Pasien Covid-19 Di Pacitan Sembuh. Total Ada 46 Yang Sudah Terbebas Dari Coronavirus

Pada kesempatan yang sama, Agus mengungkapkan adanya kejadian khusus yang patut dijadikan perhatian penyelenggara pemilu. Yaitu berkaitan dengan human error dari KPPS. “Kami menemukan adanya kejadian khusus yaitu kesalahan tulis hasil penghitungan suara. Ini yang patut dijadikan perhatian untuk penyelenggaraan pemilu kedepannya,” terang Agus.

Sementara soal hasil penghitungan suara, Agus menegaskan, Bawaslu tidak memiliki kewenangan untuk memberikan pernyataan publik. Sekalipun saat ini, Bawaslu sudah menerima hasil perhitungan dari PPK. “Kita tunggu saja hasil pleno rekapitulasi tingkat kabupaten yang akan diselenggarakan Selasa besok,” pungkasnya. (yun).

Baca Juga :  Rawa Terate Rutin Banjir, Anies Bakal Cek Pabrik Sekitar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | W2B by JBM.CO.ID.