LAMPUNG SELATAN, WWW.JBM.co.id-Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) terus mendalami temuan adanya aktivitas politik di Balai Desa Way Galih.

Usai melakukan koordinasi dengan tim GAKUMDU yang terdiri dari pihak Kejaksaan Negeri Lamsel dan Polres Lamsel di Kantor Bawaslu pada Senin (30/11/2020), Khaoirul Anam sebagai Koordiv Penanganan pelanggaran mengatakan bahwa pihaknya tengah memproses temuan tersebut dan akan meregistrasi masalahnya.

“Hasil koordinasi bersama tim GAKUMDU, bahwa masih diperlukan penelusuran kembali, untuk memaksimalkan waktu 7 untuk penelusuran sebelum dugaan pidana ini diregistrasi”, kata Anam, Selasa (1/12/2020).

Baca Juga :  PRAKTISI GINDHA ANSORY MINTA POLDA LAMPUNG TANGKAP PELAKU UJARAN KEBENCIAN DAN INFORMASI HOAX PENUTUPAN GERBANG BAKAUHENI
Foto ; rec.dok/

Anam juga menjelaskan bahwa pihaknya tengah memperkuat saksi-saksi dalam peristiwa tersebut, karena unsur pidananya memenuhi.

“Bahwa perlu ada saksi tambahan baru untuk mengantisipasi ketidakhadiran para saksi dan pendukung selain video yang beredar”, tandasnya.

Masih menurut Anam, “karena ini akan dijadikan temuan, maka harus maksimal dalam alat buktinya”, tegasnya.

Saat disinggung kapan target Bawaslu melakukan registrasi temuan tersebut, Anam menjawab singkat, “hari Kamis”, katanya.

Baca Juga :  Aksi Unjuk Rasa OKP, DPRD Cianjur, 3 Anggota Polisi Terbakar.

Dari informasi yang berhasil dihimpun oleh awak media, aktivitas politik yang dilakukan di dalam balai Desa Way Galih beberapa hari lalu diduga merupakan kegiatan untuk mengarahkan warga penerima program keluarga harapan (PKH) mendukung dan memilih Paslon nomor 1, Nanang-Pandu.

Hal tersebut terekam jelas dalam video yang beredar.

Perlu diketahui, sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku, Aparatur Sipil Negara (ASN), pejabat BUMN/BUMD, Kepala Desa, Badan Permusyawaratan Desan(BPD) dan perangkat Desa terlibat dalam politik praktis dipidana penjara, sesuai UU No7 Tahun 2017, pasal 280 ayat 2, 3), pasal 282, pasal 283, pasal UU nomor 10 tahun 2016, pasal 70.

Baca Juga :  Ketua Majelis Madya Desa Adat Kabupaten Badung Dukung Komjen Pol. Listyo Sigit Jadi Kapolri

Redaksi-seno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here