Khofifah Dorong Bupati Pacitan Kembangkan UMKM

2 min read

Pacitan, jbm.id- Support keuangan dari instansi vertikal sangat diperlukan guna membangkitkan pelaku UMKM yang ada di Pacitan. Hal tersebut disampaikan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, saat melakukan kunjungan kerja ke Pacitan, Ahad (18/10).

“Kita bersama tim ini, ada Bank Indonesia (BI), ada OJK, ada BRI, BNI, Mandiri. Ada juga dari Bank Jatim dan Bank UMKM. Semuanya menyatu dan mendeliver program tersebut,” ujarnya.

Selain itu, Khofifah juga menyebutkan ada 5.374 sertifikat, ada juga wakaf, ada juga tanah desa, dan tanah pribadi, yang akan menjadi bagian sangat penting, untuk memastikan bahwa lahan, bidang yang mereka punya, itu sah. “Ini saya rasa akan menjadi starting point, dari penguatan masyarakat, terutama yang milik pribadi. Tentu potensial untuk dijadikan pintu masuk produktivitas mereka. Lahan itu kan bisa diagunkan. Jadi bersama kita, hadir juga dari lembaga perbankan, lalu BPS juga hadir, BPN juga hadir. Data ini ada di BPS, kemudian, disinkronkan. Andaikan ini akan didorong menjadi sesuatu yang produktif maka, ada lembaga perbankan yang akan nyambung,” jelas mantan Menteri Sosial RI ini.

Baca Juga :  PIALA DUNIA U-20: MENTERI PUPR BASUKI TINJAU STADION KAPTEN I WAYAN DIPTA GIANYAR

Gubenur Khofifah berharap, akan menjadi semangat baru, motivasi baru, harapan baru, disaat pandemi global coronavirus disease (covid-19) yang sampai saat ini tak kunjung selesai. “Kita berkeliling ke berbagai kabupaten/kota, saling memberikan support, semangat, motifasi, harapan bagi seluruh warga Jatim,” tuturnya.

Lain itu, gubernur juga berharap, setelah instansi vertikal memberikan support, tentu bupati diharapkan, bisa mengawal sejauh mana produktivitas, dari masyarakat di Pacitan, agar terus didorong. “Tadi kita ke pusat layanan usaha terpadu (PLUT), dari perwakilan BI, sedang gencar membangun akses dengan Diaspora, dari berbagai negara. Dua hari lalu yang baru didorong, termasuk Pacitan sebetulnya. Ada enam kabupaten/kota, di wilayah Mataraman ini, didorong oleh BI bertemu dengan Diaspora dari Katar, dan dari Mesir, serta Afrika Selatan. Saya ikut menyaksikan bagaimana sebetulnya, perjanjian-perjanjian dan kontrak, diantara pelaku UMKM dengan para Diaspora,” tegasnya.

Baca Juga :  Hore, Gaji 13 Di Pemkab Pacitan Cair Hari Ini

Hal tersebut sebagai terobosan baru. Karena itu harus diinisiasi dan digali, pintu-pintu yang semula ditutup, dicoba dibuka. “Sehingga hari ini kita bisa membangun semangat motifasi dan harapan baru, disetiap melakukan hubungan. Kalau kami melakukan sinergitas dengan instansi vertikal, saya rasa di kabupaten/kota lain akan ikut melanjutkan,” pungkasnya. (yun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *