NY ISTRI PUTRI COK ACE IKUTI WEBINAR “MENGATUR PROPORSI PENGGUNAAN GADGET DALAM KELUARGA”

2 min read

Foto ist: Ny Cok Ace ikuti webinar

Spread the love

DENPASAR-JBM.CO.ID – Ketua Forum PUSPA Provinsi Bali Ny. Tjok Istri Putri Hariyani Sukawati Ikuti Webinar “Mengatur Proporsi Penggunaan Gadget Dalam Keluarga”, Selasa (13/10/2020).

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP-PA) melaksanakan Webinar bertajuk “Mengatur Proporsi Penggunaan Gadget Dalam Keluarga”. Webinar ini digelar dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang responsif gender dan anak,

Webinar diikuti Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Forum Anak dan Forum PUSPA dari 32 Provinsi se-Indonesia. Nampak juga Ketua Forum PUSPA Provinsi Bali Ny. Tjok Istri Putri Hariyani Sukawati dan tujuh pendamping melalui zoom meeting, Selasa (13/10/2020).

Ny. Tjok Istri Putri Hariyani Sukawati alias Ny Istri Putri Cok Ace menjelaskan bahwa keluarga sebagai sebuah sistem sosial terkecil mempunyai peranan penting dalam mencapai kesejahteraan penduduk yang menjadi cita-cita pembangunan. Keluarga juga menjadi pertahanan utama yang dapat menangkal berbagai pengaruh negatif dari dinamika sosial yang ada.
Di era teknologi seperti ini, keluarga kemudian dihadapkan pada lingkungan baru yang menuntut penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang berpengaruh besar terhadap pola komunikasi yang dibangun di dalam keluarga. Teknologi seperti dua sisi koin, satu sisi dapat mempermudah banyak hal, sedangkan di sisi lain membuka arus informasi yang tidak terbatas.

Baca Juga :  POKDARKAMTIBMAS BHAYANGKARA DAERAH BALI AUDENSI KE WAGUB COK ACE

Di dalam keluarga misalnya, teknologi seperti Whatsaap atau video call dapat membantu orangtua untuk mengontrol kegiatan anak-anaknya saat sedang tidak bersama. Juga dapat digunakan sebagai medium komunikasi keluarga yang efektif melalui group chat. Hal ini dapat membangun ketahanan keluarga di bidang sosial-psikologis yang mempererat hubungan antar anggota keluarga, namun proporsi penggunaan gadget dalam keluarga juga perlu diperhatikan.

Baca Juga :  SEKPROV BALI DEWA INDRA BUKA KICK OFF MEETING IT SECURITY ASSESSMENT

Penggunaan gadget yang berlebihan pada orang tua akan mempengaruhi pola pengasuhan pada anak, banyak orang tua yang mulai membiasakan penggunaan gadget ditengah interaksi dengan anak. Hal ini membuat anak terbiasa dengan kehadiran gadget.

Dalam proporsi yang berlebihan, hal ini dapat memicu kecanduan anak pada gadget. Seiring dengan penggunaan gadget oleh anak, penggunaan internet oleh anak-anak semakin luas. Mereka adalah generasi digital native, generasi yang lahir dan berkembang di dalam dunia digital. penetrasi terbesar pengguna internet di Indonesia berada dalam rentang usia 13-18 tahun, hal ini berarti sebagian besar anak Indonesia merupakan pengguna internet.

Baca Juga :  Nilai Spiritual Dalam Mitologi Pancasila

Sementara internet belum meyediakan ruang yang aman bagi anak. Persoalan seperti adiksi game, pelecehan seksual melalui internet, sampai perundungan online masih banyak terjadi. Oleh karena itu untuk memberikan pemahaman pengelolaan penggunaan gadget yang proporsional bagi keluarga, Kementerian Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Deputi Partisipasi masyarakat melalui Asisten Deputi Partisipasi Media menyelenggarakan webinar.

Hal ini diharapkan dapat membangun kepekaan bagi semua pihak mengenai dampak negatif kecanduan gadget bagi anak maupun orang tua. Selain itu juga diharapkan memberikan pembelajaran mengenai cara mengatur proporsi penggunaan gadget dalam pola pengasuhan anak.

Penulis/Editor: Francelino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *