Harga Komoditi Sawit di Way Kanan Mengalami Penurunan

2 min read
Spread the love

WAY KANAN, WWW.JBM.co.id | Harga komoditi buah sawit di Kabupaten Way Kanan dalam kurun satu minggu ini mengalami penurunan. Sebelumnya, harga  sawit masih Rp 1.530, kini hanya Rp. 1.430 perkilogram nya, jelas Adi salah satu karyawan PT. Agro Mas, yang ditemui di lapak, Kampung Bumi Ratu, Kecamatan Umpu Semenguk, Senin (28/09/2020).

Dia (Adi-red) juga menuturkan, harga sawit ditentukan oleh naik atau turunnya nilai tukar Dollar, jika saja Dollar mengalami kenaikan, maka buah sawit pun naik, tetapi jika sebaliknya, mengalami penurunan, tentunya harga jual sawit pula turun.

Baca Juga :  Ridwan Kamil Ajak LDII Sukseskan Delapan Program Keumatan Jabar

Masih kata Adi, “biasanya 2 hari sekali lapak kita mengirim ke pabrik BW (Bumi Waras) Hanakau 9 hingga 10 ton buah sawit dan dalam satu ton nya mobil yang kita pakai Rp 700.000, tetapi ini sudah 3 hari belum, karena tidak dapat mobil untuk mengantarkan buah sawit ke perusahaan”.

Mengenai potongan kita langsung dari pabrik nya, yakni paling kecil 8 persen, itupun lapak melihat kwalitas buah sawit.

Baca Juga :  Gubernur Viktor B Laiskodat Dukung Pariwisata Premium di Labuan Bajo

“Jika warna buah sawit itu berwarna kuning mangga atau kuning pucat maka tidak kita terima. Sebab kalau diterima, maka kita mendapatkan teguran dari pabrik, berupa Surat Peringatan (SP)”, terang Adi.

Oleh sebab itu, “kita selalu mengingatkan pada petani, agar tidak menjual buah sawit berwarna kuning pucat, yang kita terima jika berwarna Orange”, tukasnya.

Baca Juga :  PREMIER LEAGUE: MIKEL ARTETA, PELATIH ARSENAL, DILANSIR POSITIF TERKENA VIRUS CORONA

Redaksi-Seno

Kontributor ; Muhtar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | W2B by JBM.CO.ID.