Panwascam Jati Agung Tunggu Juknis Bawaslu Kabupaten Lampung Selatan Terkait Pemanggilan Pelaksana Acara Penyerahan Bantuan Stimulus Untuk UMKM Terdampak Covid-19 oleh Bupati Lamsel

3 min read
Spread the love

LAMPUNG SELATAN, WWW.JBM.co.id-Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Selatan melalui Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) tengah mendalami terkait adanya aktivitas politik dalam kegiatan yang dikemas oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Lampung Selatan, dalam bentuk acara penyerahan bantuan dana stimulus kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) terdampak Covid-19 di Kabupaten Lampung Selatan oleh Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto di Lapangan Perumahan Permata Asri, Desa Karang Anyar, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan pada Sabtu (19/9/2020) sekira puku 14.00 WIB siang.

Foto ; Rec.dok

Ketua Panwascam Jati Agung, Jauhari, mengatakan pihaknya sedang mengumpulkan alat bukti sebagai bahan laporan kepada Bawaslu Kabupaten.

“Tentunya kami sedang menelusuri, bukti-buktinya, sebagai bahan kajian, dan agar dapat kami laporkan ke Bawaslu Kabupaten”, ungkapnya kepada awak media, Senin (21/9/2020).

Terkait rencana pemanggilan guna meminta keterangan kepada pelaksana acara, dan sejumlah pihak yang diduga terlibat dalam acara tersebut seperti Sekda Kabupaten Lampung Selatan, Kepala Dinas UKM Lampung Selatan, Pengurus PDI-Perjuangan Lampung Selatan Rosdiana, Sejumlah Kepala Desa seperti Kepala Desa Karang Anyar, PJ Kepala Desa Way Hui, sejumlah Camat seperti Camat Jati Agung, bahkan Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, pihaknya (Panwascam-red) mengaku menunggu petunjuk dari Bawaslu Kabupaten Lampung Selatan terlebih dahulu.

Baca Juga :  Dewan Pers Bahas Insentif Pers Nasional Dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

“Kami akan tunggu petunjuk teknis dari Kabupaten, terkait rencana pemanggilan tersebut, apa perintahnya”, kata Jauhari.

Foto ; Rec.dok

Sebelumnya ketua Bawaslu Lampung Selatan, Hendra Fauzi, S.Sos, mengatakan Bawaslu sedang mempelajari kegiatan yang bertajuk, “penyerahan bantuan stimulus kepada pelaku UMKM terdampak Covid-19 tahun 2020 oleh Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto”.

“Nanti kita konfirmasi dan cek hasil pengawasan panitia pengawas kecamatan dan jajaran di bawah”, kata Hendra Fauzi, Minggu (20/9/2020).

Sementara hingga berita ini diterbitkan Kepala Dinas UKM Lampung Selatan, I Ketut Sukarta, belum menjawab konfirmasi awak media.

Foto ; Rec.dok

Mencuatnya berita tentang adanya aktivitas politik dalam acara tersebut, saat acara berlangsung terlihat terpasangnya sejumlah bendera partai politik yang saat ini sebagai partai pengusung (PDI-Perjuangan-red) Bakal Calon Bupati Lampung Selatan, petahana yaitu Nanang Ermanto, di lokasi acara, selain itu hadirnya kader-kader partai Politik dari PDI-Perjuangan yang mengenakan seragam satgas lengkap turut mengawal jalannya acara penyerahan bantuan dana Covid-19 untuk pelaku UMKM di Lampung Selatan, bahkan terlihat juga banner bertuliskan “Calon Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto”, di area lapangan berlangsunya acara.

Baca Juga :  Adian Soal Komisaris BUMN : Menteri Erick Thohir Jangan Putar Balik Cerita Sebenarnya

Bahkan, dalam sambutannya Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, mengajak kepada seluruh masyarakat yang hadir, tanggal 9 Desember 2020 mendatang untuk memilih dirinya menjadi Bupati Lampung Selatan.

Foto ; Rec.dok

“Tadi pesan saya perbedaan itu boleh, perbedaan itu indah, karena Bangsa ini sejarah telah mencatat dengan begitu indah, perbedaan dari Sabang sampai Merauke menjadi satu Indonesia, mudah-mudahan perbedaan yang ada di Lampung Selatan ini dengan perbedaan yang begitu indah, pada tanggal 9 Pilih Bapak Nanang Ermanto”, kata Bupati Nanang Ermanto seraya mengajak masyarakat memilih dirinya.

Lebih lanjut Nanang yang menyematkan sambutannya menggunakan bahasa Jawa, meminta kepada masyarakat Lampung Selatan yang hadir mendukung dan memilihnya kembali pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah.

Baca Juga :  Pemerintah RRT Serahkan Bantuan Kemanusian Penanganan COVID-19

“Gak Popo bedo Saiki, Saiki belum pilih pak Nanang gak Popo, tapi tanggal 9 ileng Karo pak Nanang, opomeneh perumahan Permata Asri, kebangetan tenan, iyo 4 tahun Yo pak Kades, wes njalaok Angel tenan tapi Karo pak Nanang mong pirang ndino, itulah kerja pak Nanang, kalau hari ini bisa dilakukan kenapa harus menunggu hari esok. Nah itu.

Foto ; Rec.dok

Walaupun diakhir sambutannya, Bupati Nanang Ermanto mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Namun terpantau oleh awak media peserta yang hadir kurang memperhatikan penerapan protokol kesehatan, khususnya physical distancing (jaga jarak) diantara tempat duduk peserta yang hadir.

Foto ; Rec.dok

Selain pelaku UMKM empat (4) Kecamatan dari Tanjung Bintang, Tanjung Sari, Natar dan Jati Agung, hadir juga, Rosdiana Pengurus Partai PDI-Perjuangan, sejumlah kepala Desa, sejumlah Camat, sejumlah pejabat di lingkungan Pemda Lampung Selatan.

Redaksi-Seno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | W2B by JBM.CO.ID.