Gubernur Arinal ; Dekranasda Mitra Pemerintah Berperan Strategis Bangkitkan Sektor dan Komoditas di Provinsi Lampung Pada Lingkup Pariwisata

2 min read
Spread the love

BANDAR LAMPUNG, WWW.JBM.co.id |Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mendorong sinergitas antara Pemerintah Provinsi Lampung dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dalam upaya membangkitkan perajin dan juga sektor UMKM di Provinsi Lampung.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Arinal dalam Rapat Sinergitas dan Optimalisasi Peran Dekranasda Provinsi Lampung di Ruang Rapat Utama, Kantor Gubernur Lampung, Selasa (8/9/2020).

Menurut Arinal, Dekranasda sebagai mitra pemerintah memiliki peran yang strategis salah satunya melakukan pembinaan dan pengembangan perajin sebagai langkah dalam peningkatan ekonomi kerakyatan.

Foto ; Rec.dok

Untuk itu, Arinal meminta dukungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait inovasi program yang bisa dikerjasamakan dengan Dekranasda.

Baca Juga :  Kepala BNN RI Lantik 11 Pejabat Tinggi Pratama, Drs. I Wayan Sukawinaya, M.Si Sebagai BNNP Lampung

“Dekranasda tidak bisa jalan sendiri, harus
ada sinergitas dengan OPD. Jika OPD tidak aktif terlibat, dekranasda tidak akan bangkit, untuk itu harus mendapat dukungan,” ujar Gubernur Arinal.

Arinal mengatakan sinergitas ini penting dilakukan karena juga sebagai langkah dalam membangkitkan sektor-sektor dan komoditas yang ada di Provinsi Lampung termasuk lingkup pariwisata.

Karena salah satu tugas pokok Dekranasda Provinsi Lampung yakni memperluas pangsa hasil kerajinan.

“Lampung kaya akan potensi sumber daya alamnya begitu juga dengan sumber daya manunusianya. Kita harus bangkit,” katanya.

Menurutnya, beberapa OPD tidak hanya lingkup UMKM dan perindustrian, bisa ikut mensuport untuk bersinergi demi kemajuan dekranasda.

Baca Juga :  Genap 10 Tahun Kasus Dugaan Pembakaran Rumah Anto Lembu Terkubur Bersama Anak Kandungnya
Foto ; Rec.dok

“Sektor pertanian, perkebunan, perikanan semua harus bisa membaca wilayah OPD nya masing-masing, apa fungsi dinas terkait dengan dekranasda. Dukungan tersebut nantinya harus sesuai dengan tupoksi OPD masing-masing,” ujarnya.

Arinal juga menyebutkan nantinya dari dukungan kerjasama tersebut, akan berdampak pada kebangkitan para perajin dan UMKM serta upaya pengembangan sektor pariwisata.

Seperti, produk UMKM yang nantinya akan ditampilkan diantaranya di Dermaga Eksekutif Bakauheni, Bandara Radin Inten II dan Rest Area Jalan Tol.

“OPD harus berperan aktif, gali peluang, bagaimana perajin dan UMKM ini nanti poisisinya ada di kawasan pariwisata, rest area, bakauheni dan bandara,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal berharap semua OPD terkait bisa bersinergi dan saling mendukung untuk kemajuan Dekranasda.

Baca Juga :  Bupati Batubara Undang Ilmuwan RI, Putra Terbaik Bangsa Untuk Kelola Hasil Laut Di Kabupaten Batu Bara
Foto ; Rec.dok

“Ingin agar semua dinas terkait bisa bersinergi, bekerjsama, komunikasi secara lebih maksimal sehingga akan warna baru bagi dekranasda. Demi kemajuan dan perbaikan pada masa yang akan datang,” ujar Ibu Riana. Keterlibatan OPD, lanjut Ibu Riana, dapat mendukung Dekranasda Provinsi Lampung dalam pelaksanaan event-event seperti International Handicraft Trade Fair (Inacraft).

“Termasuk juga produk yang ada di dekranasda bisa lengkap dengan seluruh OPD terkait,” katanya. /Adpim

Redaksi-Seno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *